[HOAKS] - SETELAH AKHIR TAHUN TUKAR TABUNG GAS ELPIJI 12 KG JADI BRIGHT GAS DIKENAKAN BIAYA RP. 500.000,-

Share :        
Rabu, 11 Nov 2020

DISINFORMASI
Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan bahwa akhir tahun ini adalah batas penukaran tabung gas elpiji 12 Kg (warna biru) menjadi Bright Gas (warna pink). Setelah batas waktu terlewati maka penukaran tabung biru tidak diterima lagi dan harus membeli gas 12 Kg ditambah harga tabung menjadi sekitar Rp 500.000,-.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam liputan6.com (04/11/2020) dilaporkan bahwa penggantian tabung Elpiji 12 kg berwarna biru dengan Bright Gas pink dilakukan secara bertahap dan tidak dikenakan biaya tambahan.

PT Pertamina memang tengah melakukan pergantian tabung produk Elpiji 12 kg berwarna biru ke Bright Gas berwarna pink dalam rangka meningkatkan pelayanan Pertamina untuk masyarakat, terutama terkait kebutuhan gas rumah tangga.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan bahwa penukaran yang dilakukan sudah dimulai secara bertahap dan alamiah. Ketika tabung gas Elpiji 12 kg di masyarakat sudah habis, maka saat ditukar masyarakat akan mendapatkan tabung Bright Gas, disesuaikan dengan stok Bright Gas di lapangan.

Senada dengan Fajriyah, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan, menjelaskan bahwa penggantian yang dilakukan tidak berarti tabung Elpiji 12 kg berwarna biru jadi otomatis tidak berlaku. "Bukan penarikan produk, namun penggantian tabung. Bukan berarti yang tabung biru langsung otomatis tidak berlaku lagi," katanya.

Eko juga menegaskan, penggantian tabung tersebut dilakukan Pertamina tanpa ada tambahan biaya. "Harga isi ulangnya tetap sama dengan Elpiji tabung biru," ujarnya.

Terkait isu pengenaan biaya tambahan untuk penukaran tabung elpiji 12 Kg dengan Bright Gas, dilansir dari prfmnews.pikiran-rakyat.com (10/11/2020), Eko Kristiawan menegaskan agar masyarakat berhati-hati.

"Masyarakat diharapkan hati-hati, karena tidak ada biaya tambahan untuk tukar elpiji 12 Kg jadi Bright Gas. Ini hanya penggantian biasa saja, tidak ada biaya tambahan," tegasnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (10/11/2020).

Artinya, saat menukar elpiji 12 Kg menjadi Bright Gas, masyarakat hanya akan dikenakan biaya seperti saat melakukan isi ulang di agen tabung gas terdekat.

"Itu kabar bohong, hoaks. Jika ada informasi yang bukan resmi dari Pertamina, mohon segera konfirmasi ke call center kami di nomor 135," jelas Eko

KESIMPULAN
Informasi bahwa setelah akhir tahun penukaran tabung gas elpiji 12 Kg (warna biru) menjadi Bright Gas tidak diterima lagi dan harus membeli gas 12 Kg ditambah harga tabung menjadi sekitar Rp 500.000,-, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada biaya tambahan untuk penukaran elpiji 12 Kg menjadi Bright Gas dan masyarakat hanya akan dikenakan biaya seperti saat melakukan isi ulang di agen tabung gas terdekat.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber fakta:
1. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4399494/pertamina-mulai-tukar-tabung-elpiji-12-kg-jadi-bright-gas-secara-bertahap
2. https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-13939484/cek-fakta-tukar-tabung-gas-elpiji-12-kg-jadi-bright-gas-ada-biaya-tambahan
3. https://m.liputan6.com/bisnis/read/4405169/enggak-pakai-ribet-begini-cara-tukar-tabung-biru-elpiji-12-kg-ke-bright-gas