[HOAKS] - SITUS BERSEJARAH STONEHENGE INGGRIS DIHANCURKAN

Share :        
Selasa, 19 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang diklaim merupakan bangunan bersejarah di Inggris yakni Stonehenge, dihancurkan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, Stonehenge yang dihancurkan dalam video adalah Monumen Guidestones Georgia yang dijuluki penduduk lokal sebagai 'Stonehenge-nya Amerika' bukan Stonehenge bangunan bersejarah di Inggris.

Seperti yang dikutip dari laman berita inews.id (07/07/2022) bahwa Monumen Guidestones Georgia yang kontroversial atau biasa disebut Stonehenge Amerika diledakkan orang tak dikenal.

Biro Penyelidikan Georgia (GBI) menangani kasus misterius ini.

"Kantor GBI dan Sheriff Elbert County sedang menyelidiki ledakan yang menghancurkan Guidestones Georgia di dekat Elberton, GA. Informasi awal mengungkap orang tak dikenal meledakkannya dengan bahan peledak sekitar pukul 04.00 pada Rab  6 Juli," bunyi pernyataan GBI.

Ledakan menghancurkan sebagian monumen yang terbuat dari granit itu. Untuk menghindari jatuhnya korban, petugas menghancurkan sisa monumen yang ada dengan alat berat pada Rabu malam. Petugas juga meminta siapa pun yang memiliki informasi soal kasus ini untuk menghubungi.

KESIMPULAN

Informasi dalam video yang diklaim merupakan bangunan bersejarah di Inggris, Stonehenge, dihancurkan, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, Stonehenge yang dihancurkan dalam video adalah Monumen Guidestones Georgia yang dijuluki penduduk lokal sebagai 'Stonehenge-nya Amerika' bukan Stonehenge bangunan bersejarah di Inggris.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta :

1. https://www.inews.id/news/internasional/monumen-kontroversial-stonehenge-di-as-diledakkan-orang-tak-dikenal

2. https://www.english-heritage.org.uk/visit/places/stonehenge/

3. https://news.detik.com/foto-news/d-6167016/kondisi-monumen-stonehenge-as-yang-diledakkan-orang-tak-dikenal