[HOAKS] - SITUS MENGATASNAMAKAN PEDULILINDUNGI DENGAN TAUTAN HTTPS://WWW.PEDULILINDUNGIA.COM

Share :        
Selasa, 14 Sep 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah situs yang mengatasnamakan PeduliLindungi dengan tautan https://www.pedulilindungia.com/. Pada situs tertulis "pasokan vaksin sudah diatur, dengan dana sebesar 1000000 rupiah, dan bisa langsung membuat janji untuk sukses dan mengatur inokulasi rumah sakit terdekat dalam waktu sepuluh hari." Selain itu juga terdapat informasi nomor rekening untuk pembayaran.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI  kominfo.go.id (09/09/2021), telah diklarifikasi bahwa tautan tersebut palsu.

Berdasarkan klarifikasi dari Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dedy Permadi, situs dengan tautan https://www.pedulilindungia.com/ adalah palsu dan bukan merupakan situs resmi dari PeduliLindungi. Adapun situs resmi dari PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

Masyarakat diimbau untuk hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi melalui pedulilindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Playstore.

KESIMPULAN
Informasi mengenai situs yang mengatasnamakan PeduliLindungi dengan tautan https://www.pedulilindungia.com/, adalah tidak benar. Faktanya, situs tersebut adalah situs palsu dan masyarakat diimbau untuk hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi melalui pedulilindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Playstore.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36862/hoaks-situs-palsu-mengatasnamakan-pedulilindungi/0/laporan_isu_hoaks
2. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/awas-hoaks-situs-palsu-mengatasnamakan-pedulilindungi
3. https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/11/191000065/heboh-situs-palsu-akses-sertifikat-vaksin-covid-19-hanya-di
4. https://infopublik.id/kategori/cek-fakta/563365/cek-fakta-situs-palsu-mengatasnamakan-pedulilindungi
5. https://mediaindonesia.com/humaniora/431576/hati-hati-ada-situs-palsu-mengatasnamakan-peduli-lindungi