[HOAKS] - SPESIES BARU UNIK DAN LANGKA HEWAN ARMADILLO BERKEPALA MANUSIA

Share :        
Senin, 15 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan Facebook yang berisikan tautan dengan tampilan artikel hewan armadillo berkepala manusia. Dalam tautan itu disertai foto hewan tersebut.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Dilansir dari liputan6.com, diketahui bahwa foto tersebut merupakan karya seni dari seniman bernama Laira Maganuco asal Italia. Karya seni tersebut terbuat dari silikon.

Foto tersebut telah beredar sejak 3 Oktober 2018 dan menjadi viral di Facebook Laira Maganuco. Ia menuliskan bahwa karya seni silikon itu dari versi hibrida dari Armadillo. Gambar dari karya seninya itu telah dibagikan di halaman Instagram Mganuco.

KESIMPULAN

Postingan yang diklaim sebagai bentuk hewan armadillo berkepala manusia adalah tidak benar. Faktanya, bentuk hewan itu merupakan karya seni yang terbuat dari silikon karya seniman bernama Laira Maganuco asal Italia.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5040574/cek-fakta-tidak-benar-foto-penampakan-hewan-armadillo-berkepala-manusia

2. https://www.deccanherald.com/national/fact-check-photos-of-italian-artwork-viral-as-dangerous-animal-lurking-farms-at-night-893051.html

3. https://www.facebook.com/laira.maganuco/posts/906009052922461