[HOAKS] - SUNTIKAN VAKSINASI MELALUI DRIVE THRU DILAKUKAN DENGAN TIDAK BENAR

Share :        
Selasa, 06 Apr 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah video mengenai penyuntikkan vaksin Covid-19 secara drive-thru tidak dilakukan dengan benar. Video tersebut menampilkan seorang lansia disuntik vaksin Covid-19 secara drive-thru. Namun narasi yang beredar menyebutkan cairan vaksin tidak masuk ke dalam tubuh penerima vaksin.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari akun penangkal hoaks turnbackhoax.id (02/04/2021), disebutkan bahwa jika memang benar terjadi penipuan namun lokasi peristiwa dalam video adalah di Brazil, berdasarkan bahasa yang digunakan pada situs yang mengunggah pertama kali pada Februari lalu dan membagikan video yang identik.

Salah satu sumber yang membagikan video yang identik pada Februari lalu dengan daftar kode negara ccTLD oleh stat dns tertulis “.br Brazil”.

Sementara itu, dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id (03/03/2021), diinformasikan bahwa metode drive thru seluruh kegiatan vaksinasi dilakukan langsung diatas kendaraan, selain untuk mengurangi kontak dengan orang lain, juga untuk mempermudah dan mempercepat proses vaksinasi.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin, harus mendaftar terlebih dahulu di tautan yang disedikan oleh Halodoc. Di tautan tersebut, sasaran harus mengisi sejumlah pertanyaan yang disediakan, apabila memenuhi syarat maka akan memperoleh undangan vaksinasi yang memuat hari, jam dan lokasi vaksinasi.

Terkait dengan alur pelaksanaan vaksinasi drive thru, penyelenggara menyediakan 4 pos mulai dari pos verifikasi, cek kesehatan, vaksinasi dan yang terakhir observasi. Pada prinsipnya tahapan yang dilaksanakan hampir sama dengan metode vaksinasi yang ada saat ini, hanya saja seluruh sasaran tidak perlu turun dari kendaraan.

Setelah divaksin para lansia diminta menunggu selama 30 menit. Sasaran bisa menunggu di dalam mobil maupun di tenda yang telah disediakan.

Selama observasi, kaca mobil harus diturunkan guna memudahkan petugas melakukan pemantauan dan jika ada keluhan, sasaran diminta untuk membunyikan klakson sebagai tanda bagi para petugas.

Di lokasi obsevasi, penyelenggara dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 2 mini ICU, Ambulance berkelling, serta motor Unit Reaksi Cepat (URC) keliling guna mengantisipasi apabila ada keluhan dari para peserta vaksinasi.

Namun, jika selama waktu observasi tidak ada keluhan maka mereka diizinkan pulang. Sertifikat bukti vaksinasi akan dikirimkan link melalui pesan singkat.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebutkan bahwa penyuntikkan vaksin Covid-19 secara drive-thru tidak dilakukan dengan benar, adalah tidak benar. Faktanya, memang benar terjadi penipuan namun lokasi peristiwa dalam video adalah di Brazil bukan di Indonesia berdasarkan bahasa yang digunakan pada situs yang mengunggah pertama kali pada Februari lalu dan membagikan video yang identik.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. https://turnbackhoax.id/2021/04/02/salah-vaksin-di-drive-thrue-banyak-yg-dibohongin-begini-sdm-kita/

2. https://m.bisnis.com/kabar24/read/20210404/621/1376176/cek-fakta-vaksinasi-drive-thru-tak-disuntikkan-dengan-benar

3. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20210303/4837120/menkes-gandeng-gojek-dan-halodoc-bantu-pelaksanaan-vaksinasi-covid-19/