[HOAKS] - TERJADI JALAN AMBLES DI KABUPATEN SUMEDANG HINGGA MENYEBABKAN KEMACETAN PARAH

Share :        
Jumat, 18 Mar 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto di media sosial Instagram dengan narasi tentang Jalan Raya Cireki, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang amblas parah dan menyebabkan kemacetan total hingga Jatiwangi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuruan, dilaporkan dalam kompas.com (15/03/2022) informasi yang menyebutkan bahwa Jalan Raya Cireki yang berada di wilayah Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang mengalami amblas parah adalah tidak benar. Kepala Seksi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana memastikan bahwa foto yang beredar tersebut adalah hoaks.

"Foto itu (jalan amblas) beredar luas hari ini, kami pastikan itu foto hoaks, sudah kami cek ke lokasi melalui Polsek setempat," ucap Dedi Selasa (15/03/2022) petang. Dedi juga menuturkan, foto tersebut juga bukan di wilayah Sumedang.

"Itu foto lama dan bukan di daerah Sumedang, kami pastikan itu foto hoaks," ucap Dedi.

Dedi juga mengimbau warga untuk bijak menggunakan media sosial serta tidak sembarangan menyebarkan foto dan informasi yang tidak bisa dipertanggunjawabkan kebenarannya.

Sementara mengenai kondisi Jalan Raya Cireki, Kasatlantas Polres Sumedang, AKP Kiki Hartaki menjelaskan dalam tribunnews.com (15/03/2022) bahwa perbaikan jalan di kawasan tersebut terus dilakukan oleh petugas Satker IV Kementerian PUPR.

"Situasi saat ini arus lalu lintas bergulir dari kedua arah, hanya kemeriahan saja, dan hingga saat ini pengurugan tanah terus dilakukan, " jelasnya.

Meski begitu, Kiki menyarankan para pengendara yang hendak menuju ke Sumedang dari arah Cirebon maupun Bandung, lebih elok untuk menggunakan Jalan Tol Cipali.

KESIMPULAN
Informasi dalam foto yang dinarasikan  tentang Jalan Raya Cireki, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang yang amblas parah dan menyebabkan kemacetan total hingga Jatiwangi, adalah tidak benar. Faktanya, foto yang beredar adalah foto lama yang bukan terjadi di wilayah Sumedang.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)

Sumber Fakta:
1. https://bandung.kompas.com/read/2022/03/15/203927178/beredar-foto-jalan-amblas-di-sumedang-polisi-pastikan-itu-hoaks
2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/40602/hoaks-foto-jalan-raya-cireki-kecamatan-tomo-kabupaten-sumedang-amblas-parah/0/laporan_isu_hoaks
3. https://jabar.tribunnews.com/2022/03/15/beredar-kabar-jalur-sumedang-cirebon-tidak-bisa-dilalui-kendaraan-akibat-ambles-polisi-itu-hoaks