[HOAKS] - TERUNGKAP VIRUS KOMPUTER PERTAMA DI DUNIA BERNAMA MACMAG

Share :        
Kamis, 22 Sep 2022

DISINFORMASI

Beredar unggahan dari tangkapan layar bergambar komputer dengan narasi yang menunjukkan virus komputer pertama di dunia.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut adalah salah.

Dilansir dari kompas.com (19/09/2022), penelusuran menggunakan TinEye menunjukkan bahwa gambar tersebut identik dengan foto layar perangkat Mac milik Mike Evangelist yang dibuat pada 2 Maret 1988.

Pesan “Universal Peace” pada foto tersebut  berasal dari virus MacMag. Virus ini dibuat oleh Richard Brandow dan Drew Davidson pada 1988 dan relatif tidak berbahaya.

Richard Brandow adalah penerbit dan editor majalah komputer MacMag. Melalui virus MacMag, dia ingin mengambil kesempatan untuk menyampaikan pesan kepada semua pengguna Macintosh di seluruh dunia. Namun, virus ini bukan merupakan virus komputer pertama di dunia.

Menurut jurnal Elsevier Science, virus komputer pertama yang menyerang di luar konteks uji coba adalah Brain. Virus Brain dilaporkan telah menyerang komputer pusat Universitas Delaware di Newark pada 22 Oktober 1987.

Virus komputer itu dinamai Brain karena tertera label dengan nama itu di disket yang membawa virus. Dua orang Pakistan bernama Basit dan Amjad merupakan orang di balik sebaran virus tersebut.

KESIMPULAN

Unggahan foto yang diklaim sebagai virus komputer pertama di dunia, adalah tidak benar. Faktanya,  foto itu menampilkan virus MacMag, yang dibuat pada 1988. Sementara, virus komputer pertama yang menyerang di luar konteks uji coba adalah Brain yang dibuat pada 1987.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/19/162231682/hoaks-virus-komputer-pertama-di-dunia?page=all#page3

2. https://www.sciencedirect.com/sdfe/pdf/download/eid/1-s2.0-0167404888905767/first-page-pdf