[HOAKS] - TELKOMSEL MEMBAGIKAN HADIAH UNTUK MERAYAKAN ULANG TAHUN KE-60

Share :        
Selasa, 06 Apr 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial pembagian hadiah oleh Telkomsel dalam rangka ulang tahun ke-60. 

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, Telkomsel telah menyampaikan klarifikasi melalui akun instagram resmi @telkomsel dalam highlight story berjudul "Awas Penipuan" salah satunya terkait penipuan berhadiah yang mengatasnamakan Telkomsel. Disampaikan bahwa "Menggapi beredarnya beberapa tautan (link) website berhadiah mengatasnamakan Telkomsel di berbagai channel digital tidak resmi Telkomsel, kami menegaskan bahwa Telkomsel bukan pihak yang menyelenggarakan program tersebut. Kami menghimbau pelanggan tidak meng-klik tautan yang beredar."

Cek selalu kebenaran informasi seputar Telkomsel hanya melalui website www.telkomsel.com, layanan pelanggan 188, aplikasi MyTelkomsel, serta berbagai akun media sosial Telkomsel di @telkomsel.

Lebih lanjut, Telkomsel baru saja merayakan ulang tahun ke-25 pada tahun 2020 lalu, sehingga pada tahun ini, Telkomsel baru akan berusia 26 tahun, bukan 60 tahun.

KESIMPULAN

Informasi tentang pembagian hadiah dalam rangka perayaan ulang tahun Telkomsel ke-60, adalah tidak benar. Faktanya, tautan (link) website tersebut berpotensi tindakan penipuan dan diimbau kepada masyarakat agar dapat mengecek terlebih dahulu informasi yang beredar terkait Telkomsel hanya melalui website www.telkomsel.com, layanan pelanggan 188, aplikasi MyTelkomsel, serta berbagai akun media sosial Telkomsel di @telkomsel.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.instagram.com/p/CNM4i0VrlCU/?igshid=1ghmo31c7nen4

2. https://www.telkomsel.com/en/hut25telkomsel

3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4523740/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-telkomsel-bagikan-hadiah-untuk-rayakan-ulang-tahun-ke-60

4. https://cekfakta.com/focus/6642

5. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-telkomsel-bagikan-seribu-jam-tangan-rayakan-ulang-tahun-ke-60.html