[HOAKS] - TEMUAN TERBARU NASA, BULAN PERNAH TERBELAH DUA

Share :        
Kamis, 12 Mei 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook informasi mengenai ilmuan NASA yang menemukan bukti bahwa bulan pernah terbelah dua.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa ilmuan NASA temukan bukti bulan pernah terbelah dua adalah Tidak Benar.

Dilansir dari laman kompas.com (10/05/2022) Bahwa foto dipublikasikan pada 29 Oktober 2022 yang difoto oleh kru Appolo 10 pada 1969 selama pendekatan bersejarah, dengan jarak 14 kilometer di atas permukaaan bulan.

Dikutip dari laman NASA, Foto tersebut memperlihatkan 3 jenis rill pada bulan, yakni rill berliku, rill arkuata dan rill lurus.

Riil berliku dianggap berasal dari sisa-sisa aliran lava purba, tetapi asal usul rill arkuata dan rill linier masih menjadi topik penelitian. 

Rill lurus panjang seperti yang tampak pada foto bisa mencapai ratusan kilometer, seperti Rima Ariadaeus. 

Beberapa ilmuwan memperkirakan, rill-rill ini terbentuk setelah peristiwa tumbukan besar, sementara yang lain meyakini bahwa rill-rill terbentuk terbentuk sebagai manifestasi permukaan dari sistem tanggul yang dalam ketika bulan masih aktif secara vulkanik. 

Rima Ariadaeus diyakini mewakili patahan tektonik dan dapat digunakan untuk menentukan hubungan stratigrafi pada permukaan Bulan. 

Pada 29 September 2009, para ahli sepakat bahwa Rima Ariadaeus, yang panjangnya sekitar 300 km adalah sistem patahan yang mirip dengan yang ada di Bumi.

Terkait informasi mengenai Bulan yang terbelah dua, Staf Scientist NASA Lunar Science Institute (NLSI) Brad Bailey pernah memberikan jawaban pada 21 Juni 2010. 

Dia menjawab pertanyaan di insitut virtual NASA mengenai Bulan yang terbelah dan mukjizat nabi berdasarkan informasi pada sebuah artikel. 

Bailey mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang melaporkan adanya Bulan yang terbelah dua. "Rekomendasi saya adalah untuk tidak mempercayai semua yang Anda baca di internet. Makalah peer-review adalah satu-satunya sumber informasi yang valid secara ilmiah di luar sana. Tidak ada bukti ilmiah saat ini yang melaporkan bahwa Bulan terbelah menjadi dua bagian (atau lebih) dan kemudian disusun kembali pada titik mana pun di masa lalu," ucap Bailey

KESIMPULAN

Informasi mengenai ilmuan NASA temukan bukti bulan pernah terbelah dua adalah tidak benar. Faktanya Foto belahan pada Bulan yang beredar, diduga merupakan patahan tektonik di Bulan atau sisa-sisa aliran lava purba. Pihak NASA memberi klarifikasi bahwa tidak ada bukti ilmiah yang melaporkan adanya Bulan yang terbelah dua.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/10/161457382/hoaks-foto-nasa-membuktikan-bulan-terbelah-dua?page=all