[HOAKS] - TIPS MENGECILKAN PERUT: MEMINUM KOPI PAHIT DICAMPUR LEMON

Share :        
Jumat, 29 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook dengan klaim bahwa kopi tanpa gula yang dicampurkan dengan air perasan lemon dapat mengecilkan perut.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dikutip dari cekfakta.com (23/07/2022), ahli nutrisi dan fisiologi, Mayur Ranchordas dari Sheffield Hallam University mengatakan kopi dan lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan.

Kopi dan lemon juga mengandung pH asam bahkan ketika kedua bahan tersebut dicampurkan, maka pH yang dihasilkan akan tetap asam, sehingga campuran kedua bahan tersebut justru dilarang untuk dikonsumsi orang dengan penderita asam lambung, karena kopi yang dicampurkan dengan lemon bisa menyebabkan penyakit asam lambung yang semakin parah.

Selain itu, menurut Pierre Dechelotte, Presiden Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM) mencampurkan bahan kopi dengan lemon bisa menyebabkan gangguan pencernaan, serta secara signifikan mencegah rasa lapar sehingga potensi membahayakan.

“Konsumsi kopi yang berlebihan juga dapat menyebabkan insomnia dan bahkan masalah jantung. Sedangkan lemon mengandung banyak vitamin C dan merupakan antioksidan, tetapi juga tidak pernah menyebabkan penurunan berat badan,” jelas Dechelotte.

Dilaporkan dalam kompas.com (09/10/2021), Dr Folayan Waheed, wakil direktur kesehatan masyarakat di negara bagian Ondo, Nigeria, mengatakan cara terbaik untuk mencapai penurunan berat badan yang sehat adalah melalui diet dan olahraga teratur.

“Untuk saat ini, tidak ada penelitian yang dilakukan untuk memvalidasi efektivitas campuran semacam itu (kopi lemon). Begitu banyak klaim semacam itu beredar setiap hari di media sosial,” kata Waheed.

KESIMPULAN
Informasi bahwa kopi tanpa gula yang dicampurkan dengan air perasan lemon dapat mengecilkan perut, adalah tidak benar. Faktanya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim kopi lemon berkhasiat menurunkan berat badan dan para pakar kesehatan menyatakan bahwa mengonsumsi minuman kopi lemon dalam jumlah berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://cekfakta.com/focus/10139
2. https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/09/183000465/-hoaks-kopi-lemon-untuk-menurunkan-berat-badan?page=all
3. https://ringtimesbali.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-285098097/cek-fakta-minum-kopi-dicampur-lemon-dapat-kecilkan-perut