[HOAKS] - TRIK MEMBUAT BATERAI TAHAN LAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENANAK NASI

Share :        
Jumat, 05 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang menampilkan trik agar baterai bisa bertahan lama dengan cara dengan memasukkan baterai ke dalam penanak nasi selama 20-30 menit.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Profesor Muhammad Nizam tidak menyarankan masyarakat melakukan trik ini untuk membuat baterai menjadi awet.

Menurut M. Nizam, baterai yang dipanaskan akan menimbulkan kerusakan fisik.

Mulai dari kebocoran hingga meledak. Resiko palingan ringan adalah baterai mati total.

Resiko lain, muncul kontaminasi jika ternyata dalam baterai tersebut terkandung zat yang mudah menjadi uap.

“Tidak disarankan, karena berbahaya,” ujar Nizam.

Menurut Nizam, peningkatan suhu di lingkungan baterai akan membuat electron terstimulasi, sehingga seolah-olah baterai terisi ulang dan berfungsi kembali. Namun, ini hanya berlangsung sementara.

Metode meningkatkan suhu baterai dapat dilakukan dengan menjemurnya di matahari sebentar. Ini untuk menyesuaikan kembali suhu operasional.

Nizam menjelaskan, baterai akan bisa beroperasi dengan baik saat berada pada suhu operasional atau pada kelembapan ruangan tertentu.

“Jika beterai disimpan diruangan yang bersuhu ekstrim, baik terlalu dingin atau terlalu panas akan membuat baterai tidak bisa berfungsi dengan baik,” ucap Nizam.

Sementara, memanaskannya di magic com merupakan metode berbahaya.

KESIMPULAN

Klaim mengenai trik dan cara Batu baterai bisa bertahan lama dengan cara dengan memasukkan baterai ke dalam penanak nasi atau magic com selama 20-30 menit adalah tidak benar. Faktanya Memanaskan baterai dapat membuat elektron terstimulasi, sehingga seolah-olah baterai terisi ulang dan berfungsi kembali. Namun, ini hanya berlangsung sementara. Sedangkan memanaskan baterai merupakan tindakan yang berbahaya dan dapat merusak baterai.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1.       https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/03/190956582/hoaks-trik-baterai-awet-dengan-dipanaskan-di-magic-com?page=1