[HOAKS] - TULISAN DR. SITI FADILLAH TENTANG TATA CARA PENGOBATAN COVID-19 DENGAN ISOLASI MANDIRI DI RUMAH

Share :        
Senin, 18 Jan 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui aplikasi WhatsApp yang diklaim berasal dari dr. Siti Fadillah, dokter jantung dan mantan Menteri Kesehatan RI, tentang tata cara pengobatan Covid-19 dengan melakukan isolasi mandiri di rumah.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam situs resmi covid19.go.id (05/01/2021) telah dimuat klarifikasi dari kuasa hukum dr. Siti Fadillah, Ahmad Cholidin, bahwa pesan berantai Whatsapp tersebut bukan tulisan asli dr. Siti Fadillah dan telah banyak dimodifikasi.

“Saya sudah cek, itu bukan tulisan dari ibu (dr Siti Fadillah),” ucap Ahmad Cholidin, Senin (28/12/2020).

Selain itu dilaporkan dalam kompas.com (06/01/2021), Ahmad Cholidin menceritakan pada awalnya, ada orang yang bertanya ke Siti Fadilah mengenai masalah penyakit termasuk juga Covid-19. Namun, tanggapan atau jawaban dari Siti Fadilah bukanlah seperti yang tersebar di media sosial tersebut.

"Lebih banyak pendapat penulis yang ibu sendiri tidak setuju. Itu bukan tulisan ibu (Siti Fadilah)," tegas Cholidin lagi.

Saat dikonfirmasi terkait kebenaran pengobatan Covid-19 seperti dalam narasi yang beredar, dokter spesialis penyakit dalam, Andi Khomeini Takdir Haruni, menegaskan pesan dalam narasi tersebut telah campur aduk.

"Poin pertama, istirahat itu benar, tetapi istirahat total itu salah," ucap dokter Andi (06/01/2021).

Kemudian, poin kedua dijelaskan dalam narasi disarankan untuk mengonsumsi vitamin dengan dosis double. Hanya saja, klaim itu tidak menjelaskan secara detail dosis double yang dimaksud itu berapa banyak. Poin berikutnya, flu sangat jarang membuat sesak napas.

"Lalu nomor 3 dan 4 itu udah makin ambyar itu," katanya lagi. Dalam narasi yang tersebar, di poin kelima dijelaskan bahwa demam berhubungan dengan infeksi. Hal itu dibantah oleh dokter Andi. Menurut dia, tidak semua demam adalah infeksi dan tidak semua infeksi itu menjadikan demam.

Di poin keenam, dijelaskan agar menghindari buah bergetah seperti melon, nanas, dan semangka. "Apa salahnya melon, nanas dan semangka?" tanya dia.

KESIMPULAN
Informasi tentang tata cara pengobatan Covid-19 dengan melakukan isolasi mandiri di rumah yang diklaim berasal dari dr. Siti Fadillah, adalah tidak benar. Faktanya, informasi tersebut bukan tulisan asli dr. Siti Fadillah dan telah banyak dimodifikasi.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-tulisan-dr-siti-fadillah-terkait-pengobatan-covid-19
2. https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4444318/cek-fakta-ini-bukan-tulisan-dr-siti-fadillah-soal-pengobatan-covid-19
3.  https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/06/120900765/-hoaks-unggahan-tulisan-mantan-menkes-siti-fadilah-supari-soal-pengobatan?page=all#page2