[HOAKS] - UANG REDENOMINASI RP.100 BERGAMBAR PRESIDEN JOKOWI

Share :        
Selasa, 09 Feb 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto yang memperlihatkan uang kertas pecahan Rp. 100 redenominasi yang bergambar Presiden Jokowi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil koordinasi Tim Jalahoaks dengan Agent Representative Bank Indonesia (09/02/2021), disampaikan klarifikasi bahwa kabar tersebut adalah hoaks.

"Kami pastikan informasi tersebut hoaks. Dan sampai saat ini Bank Indonesia tidak memiliki rencana seperti kabar yang viral di media sosial," kata Agent Representative Bank Indonesia saat dihubungi Tim Jalahoaks.

Selain itu, dalam cekfakta.tempo.co (08/02/2021) juga dilaporkan bahwa klaim uang kertas pecahan Rp 100 yang bergambar Presiden Jokowi hasil redenominasi adalah keliru. Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, mengatakan bahwa informasi uang Rp 100 bergambar Presiden Jokowi itu hanya ulah orang iseng. Erwin pun menyatakan akan menyelidiki hal tersebut dan mencegah jangan sampai beredar di masyarakat.

"Kami sangat ingin menyampaikan kepada para netizen untuk berhati-hati di area rupiah yang merupakan simbol kedaulatan NKRI ini."

KESIMPULAN
Informasi dalam foto yang memperlihatkan uang kertas pecahan Rp. 100 redenominasi yang bergambar Presiden Jokowi, adalah tidak benar. Faktanya, Bank Indonesia telah membantah informasi tersebut dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut agar informasi palsu tentang rupiah tidak lagi beredar di masyarakat.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. Bank Indonesia
2. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1230/keliru-uang-rp-100-bergambar-jokowi-hasil-redenominasi
3. https://finance.detik.com/moneter/d-5366103/viral-uang-rp-100-bergambar-jokowi-ini-4-faktanya/2