[HOAKS] - VAKSIN COVID-19 MEMICU PENYAKIT BARU HEPATITIS MISTERIUS

Share :        
Senin, 15 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial Tiktok yang berisi informasi bahwa penyakit Hepatitis Misterius terjadi karena Vaksin COVID-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, dilaporkan dari liputan6.com (02/06/2022), Kepala Pusat Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dr. Harimat Hendrawan, menjelaskan, belum ditemukan adanya kaitan vaksin Covid-19 dengan kemunculan penyakit-penyakit baru. 

"Peneliti tidak berani menyatakan bahwa itu akibat dari vaksinasi Covid-19," ujar dr. Harimat kepada liputan6.com pada 30 Mei 2022.

Meski begitu, penyakit ini masih diteliti para ilmuwan. Belum dapat ditarik kesimpulan bahwa penyakit ini disebabkan oleh vaksinasi Covid-19. Bahkan, dinilai masih jauh jika dihubungkan dengan vaksin.

Dilansir dari kompas.com (04/05/2022), anggapan bahwa vaksin COVID-19 memicu penyakit hepatitis akut misterius tersebar setelah adanya hipotesis yang menyatakan pada sebagian pasien hepatitis akut misterius ini ditemukan adenovirus. Adenovirus adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia, dan diare.

Selain itu, adenovirus kerap dimanfaatkan untuk membuat beberapa jenis vaksin Covid-19. Sehingga muncul anggapan kalau hepatitis akut diakibatkan oleh vaksin Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Dr. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM, SpPD KHOM, mengatakan, spekulasi itu tidak benar.

"Sempat netizen mengaitkan dengan vaksin covid, yang memang ada vaksin dibuat memanfaatkan adenovirus. Namun ini tidak benar," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Hipotesis tersebut tidak dukung dengan data, sebab sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi Covid.

KESIMPULAN

Informasi dalam video tentang penyakit Hepatitis Misterius yang terjadi karena Vaksin COVID-19 adalah tidak benar. Faktanya, penyakit ini masih diteliti para ilmuwan. Selain itu, Hipotesis tersebut tidak dukung dengan data, sebab sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi Covid.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4976601/ahli-tegaskan-vaksin-covid-19-tak-sebabkan-virus-baru

2. https://life>

3. https://turnbackhoax.id/2022/08/11/salah-hepatitis-misterius-disebabkan-oleh-vaksin-covid-19/