[HOAKS] - VIDEO ANAK-ANAK MENGAJI MEMBACA AL-QUR’AN DALAM PEMBUKAAN PIALA DUNIA 2022 DI QATAR

Share :        
Kamis, 24 Nov 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook tentang anak-anak membaca Al-Qur'an saat pembukaan piala dunia 2022 di Qatar.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam merdeka.com (18/11/2022) bahwa video anak-anak sedang membaca Al-Qur'an di stadion bukan saat upacara pembukaan atau opening caremony Piala Dunia di Qatar.

Dalam video aslinya, pembacaan Al-Qur'an oleh anak-anak tersebut dilakukan saat peresmian stadion Piala Dunia Al Thumama. Video yang sama diunggah diunggah akun Facebook Doha News pada 24 Oktober 2021.

"This is how Qatar incorporated its Islamic Culture at the inauguration of the World Cup Al Thumama stadium. Children were seen reciting verses on ‘mercy’ from the Quran."

Atau dalam Bahasa Indonesia:

"Beginilah cara Qatar memasukkan Budaya Islamnya pada peresmian stadion Piala Dunia Al Thumama. Anak-anak terlihat membaca ayat-ayat tentang 'rahmat' dari Al-Qur'an."

Adapun, opening ceremony diselenggarakan pada Minggu, 20 November 2022 di Stadion Bayt. Piala dunia 2022 dimulai dengan menampilkan pertandingan antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador menjadi laga pembuka turnamen empat tahunan ini.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang anak-anak membaca Al-Qur'an saat pembukaan piala dunia 2022 di Qatar, adalah tidak benar. Faktanya, dalam video aslinya pembacaan Al-Qur'an oleh anak-anak tersebut dilakukan saat peresmian stadion Piala Dunia Al Thumama, bukan saat opening ceremony Piala Dunia 2022.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta
1. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-video-anak-anak-baca-alquran-saat-pembukaan-piala-dunia-qatar.html
2. https://kumparan.com/kumparanbola/ada-pembacaan-ayat-al-quran-di-pembukaan-piala-dunia-2022-1zHnBDgO4wQ/full
3. https://prbandungraya.pikiran-rakyat.com/olahraga/pr-265865209/viral-pembukaan-piala-dunia-2022-qatar-dibuka-dengan-pembacaan-ayat-suci-al-quran-cek-faktanya-di-sini?page=3