[HOAKS] - VIDEO ARAB SAUDI MENGEKSEKUSI PANCUNG PENYEBAR KHILAFAH DI HADAPAN PUBLIK

Share :        
Senin, 15 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Twitter yang memuat sebuah video tentang eksekusi pancung di Arab Saudi dan diklaim merupakan tindakan eksekusi terhadap penyebar khilafah.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, video yang beredar serupa dengan tangkapan layar dalam artikel berita Vice News vice.com (16/01/2015) berjudul "Woman Is Publicly Beheaded in Saudi Arabia's Tenth Execution of 2015."

Artikel tersebut memberitakan tentang eksekusi seorang wanita warga Burma-Myanmar bernama Lalia Bint Abdul Muttablib Basim yang dinyatakan bersalah di pengadilan Syariah Saudi atas pelecehan seksual dan pembunuhan putri tirinya yang berusia tujuh tahun.

Selain itu, telah diklarifikasi oleh salah satu akun penangkal hoaks turnbackhoax.id (10/08/2022) bahwa video yang diklaim eksekusi penyebar khilafah di Arab Saudi adalah salah.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang eksekusi penyebar khilafah di Arab Saudi, adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan eksekusi seorang wanita warga Burma-Myanmar yang dinyatakan bersalah di pengadilan Syariah Saudi atas pelecehan seksual dan pembunuhan putri tirinya yang berusia tujuh tahun.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.vice.com/en/article/zm5dpy/woman-is-publicly-beheaded-in-saudi-arabias-tenth-execution-of-2015
2. https://turnbackhoax.id/2022/08/10/salah-video-eksekusi-penyebar-khilafah-di-arab-saudi/
3. https://www.antaranews.com/berita/3052225/hoaks-eksekusi-penyebar-khilafah-di-arab-saudi