[HOAKS] - VIDEO KPK MENYITA SELURUH HARTA KEKAYAAN MENDAGRI TITO KARNAVIAN

Share :        
Kamis, 24 Nov 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Youtube tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita harta milik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian karena terlibat korupsi senilai Rp. 52,3 miliar.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kompas.com (19/11/2022) bahwa Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menyatakan video tersebut hoaks. Video yang beredar tidak terkait dengan penyitaan harta Tito Karnavian.

Video tersebut memuat pernyataan mantan anggota Dewan Pengawasan KPK, Artidjo Alkostar, yang dipotong-potong serta sejumlah aktivitas dengan latar Gedung KPK. Pernyataan Artidjo kemudian disambungkan dengan video lain yang menampilkan tumpukan uang yang disita dan pernyataan pengamat.

“Video hoaks tersebut menampilkan pernyataan mantan anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar," kata Ali (17/11/2022).

Ali juga menuturkan, bahwa video tersebut mengarahkan penonton pada informasi yang tidak benar. Ia meminta pihak yang menyebarkan video itu menghapus unggahannya di media sosial.

“KPK tegas meminta kepada pihak-pihak yang menyebarkan informasi hoaks dengan mengatasnamakan KPK ini untuk segera menghentikan aksinya dan menghapus unggahannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ali meminta masyarakat bersikap waspada dan jeli dalam memilih informasi yang diterima agar tidak terpancing informasi hoaks.

“Masyarakat juga dapat melakukan konfirmasi kebenaran informasi tentang KPK melalui contact centre 198,” pungkas Ali.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang KPK menyita harta milik Mendagri Tito Karnavian, adalah tidak benar. Faktanya, video yang beredar tidak terkait dengan penyitaan harta Tito Karnavian, melainkan memuat pernyataan mantan anggota Dewan Pengawasan KPK, Artidjo Alkostar, yang dipotong-potong serta sejumlah aktivitas dengan latar Gedung KPK.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/19/164500082/-hoaks-kpk-sita-harta-mendagri-tito-karnavian?page=all
2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5129205/cek-fakta-tidak-benar-video-kpk-menyita-harta-mendagri-tito-karnavian
3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-video-kpk-sita-harta-mendagri-tito-karnavian.html