Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - VIDEO PASUKAN AS MENDARAT DI PANTAI ISRAEL


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)
Rabu, 03 Jan 2024

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang diklaim sebagai video pasukan AS yang mendarat di pantai Israel. 

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dalam situs AFP Periksa Fakta, periksafakta.afp.com (27/12/2023), telah diklarifikasi bahwa video tersebut merupakan rekaman latihan militer tentara AS dan Australia di Negeri Kanguru tersebut pada 2017.

Video yang beredar identik dengan video yang diunggah di channel YouTube resmi milik Angkatan Darat Amerika Serikat, The U.S. Army (18/07/2017), dengan keterangan video "Latihan Talisman Sabre adalah latihan militer gabungan terbesar yang dilakukan oleh Australia Defense Force, dan memberikan pengalaman berharga bagi personel ADF dan AS untuk meningkatkan pelatihan tempur, kesiapan dan antar-operasi, mengekspos peserta pada spektrum kemampuan militer yang luas dan pengalaman pelatihan."

Selain itu, Australian Broadcasting Corporation (16/07/2017) juga menerbitkan rekaman dan foto dari latihan militer tersebut. Menurut laporan ABC, sekitar 30.000 personel militer AS dan Australia ambil bagian dalam latihan militer di pantai negara bagian Queensland.

KESIMPULAN

Video yang diklaim merupakan video pasukan AS mendarat di pantai Israel, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, video tersebut adalah rekaman latihan militer antara tentara AS dan Australia di tahun 2017.

SUMBER FAKTA:

  1. https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.348X6CF

  2. https://www.youtube.com/watch?v=6hpfCfvSQXI

Bagikan: