[HOAKS] - VIDEO PERNYATAAN IMAM AGUNG ORTODOKS RUSIA: ISLAM AKAN MEMIMPIN DUNIA

Share :        
Selasa, 12 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan sejumlah cuplikan Presiden Rusia Vladimir Putin bersama seseorang yang diklaim sebagai Imam Agung Ortodoks Rusia. Pada narasi tertulis klaim bahwa video tersebut merupakan video Imam Agung Ortodoks Rusia menyebut Islam sebagai agama yang akan memimpin dunia.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Diketahui bahwa video yang beredar di Facebook merupakan hasil suntingan dari sejumlah video.

Video pertama, merupakan video ketika Presiden Rusia Vladimir Putin di Angkatan Laut Stavropegial Saint Nicholas. Video ini diunggah oleh akun YouTube Orthodox Church pada 31 Juli 2017. Kunjungan Putin ke katedral tersebut dalam rangka Hari Angkatan Laut Rusia pada 27 Juli 2017. Putin memberi penghormatan untuk menandai dua abad kematian Laksamana Ushakov dan Saint Andrew. Kunjungan ini beritakan oleh laman Kepresidenan Rusia, 30 Juli 2017.

Video kedua, merupakan peristiwa saat Presiden Putin bersama seorang dengan serban putih dengan sudut pandang berbeda diunggah oleh France 24 English, 23 September 2015. Dalam video itu, Putin menghadiri acara pembukaan masjid terbesar di Eropa. Pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmud Abbas menjadi tamu kehormatan pada peresmian masjid seluas 20.000 meter persegi di Moskow, Rusia. Putin bersama Ketua Dewan Mufti Rusia Ravil Gainutdin secara simbolik membuka masjid tersebut.

Lalu, video ketiga yang menjadi sumber suntingan merupakan video kotbah seseorang memakai jubah kuning, yakni Imam Besar Dmitry Smirnov. Video kotbah itu telah beredar di internet setidaknya sejak 2012. Dalam video tersebut, Smirnov membuat pernyataan bahwa orang-orang Muslim lebih dekat dengan Kristus.

Dikutip dari Radio Free Europe, Smirnov merupakan imam agung asal Rusia yang terkenal karena pernyataan kontroversinya. Misalnya, dia pernah menyerukan bahwa senjata nuklir sebagai penyelamat rakyat Rusia, menyinggung mengenai penghasilan rakyat untuk gereja, hingga menyebut pandemi Covid-19 sebagai fenomena yang sangat berguna. Atas kritik publik, Smirnov pun dicopot dari posisi Ketua Komisi Keluarga Ortodoks Rusia. Adapun pihak Gereja Ortodoks Rusia, mengumumkan kematiannya pada 21 Oktober 2020.

Narasi dalam video menyebut bahwa peneliti dari Pusat Studi Keamanan dan Kaukasus Regional Rusia, Nikolay Silaev mengungkapkan fenomena langka di mana perempuan Rusia banyak yang memeluk agama Islam. Disebutkan, sumber klaim itu berasal dari rbth.com. Ketika ditelusuri, rbth.com memang pernah menulis tentang perpindahan agama perempuan Rusia dan memuat pernyataan Silaev pada 29 Januari 2016. Disebutkan, tidak ada statistik yang dapat diandalkan saat ini tentang jumlah muslim di Rusia. Silaev mengatakan, data yang tersedia tentang jumlah konversi agama di Rusia tidak cukup untuk menunjukkan tren.

"Kasus seperti itu cukup jarang, tetapi di Rusia mereka mendapatkan lebih banyak publisitas, daripada ketika Muslim pindah ke Kristen Ortodoks," katanya. Dia memiliki pendapat berbeda dari narasi yang diklaim oleh narator di video.

KESIMPULAN
Informasi dalam video mengenai Imam Agung Ortodoks menyebutkan Islam akan memimpin dunia, adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut adalah hasil suntingan dari beberapa video dan beberapa peristiwa yang tidak berkaitan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://youtu.be/MwFEFdxKQ3M
2. https://en.kremlin.ru/events/president/news/55203
3. https://www.france24.com/en/20150923-putin-abbas-erdogan-open-moscow-mosque-russia-islam
4. https://youtu.be/cyhMK66FxI0
5.       https://www.rferl.org/a/russian-priest-controversial-smirnov-dies-69/30904541.html

6.       https://www.rbth.com/society/2016/01/29/the-attraction-of-islam-for-some-russian-women_562827