Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - VIDEO PRESIDEN JOKOWI DIABAIKAN SEORANG PEJABAT NEGARA


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)
Senin, 05 Feb 2024

DISINFORMASI

Beredar video di X yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengulurkan tangan untuk berjabat tangan, tetapi diabaikan oleh seorang pejabat.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut tidak benar. Video beredar sejak tahun 2019 dan merupakan versi yang manipulasi. Dilaporkan oleh nasional.tempo.com (07/08/2019), pejabat dalam video tersebut adalah Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia, Mahmut Erol K?l?ç. Ia merupakan salah satu dari 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Dalam momen tersebut, Dubes Mahmut K?l?ç adalah yang pertama menyerahkan surat kepercayaan. Saat mendekati Presiden Jokowi, ia sempat lupa berjabat tangan meskipun Jokowi sudah mengulurkan tangannya dengan senyuman. Namun, tidak lama kemudian, Mahmut menyadari hal itu dan kembali untuk berjabat tangan dengan Jokowi, di mana keduanya pun tertawa. Setelah itu, Jokowi menerima surat kepercayaan dari 11 duta besar lainnya.

KESIMPULAN

Video yang menampilkan Presiden Jokowi mengulurkan tangan untuk berjabat tangan tetapi diabaikan oleh seorang pejabat adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan rekaman tahun 2019 yang telah di manipulasi. Kejadian sebenarnya, Duta Besar Turki, Mahmut Erol K menyadari kesalahannya dan kembali untuk berjabat tangan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada 7 Agustus 2019.

SUMBER FAKTA:

  1. https://www.suara.com/video/2019/08/07/115740/momen-dubes-lbbp-turki-lupa-berjabat-tangan-dengan-jokowi

  2. https://nasional.tempo.co/read/1233069/momen-duta-besar-turki-lupa-jabat-tangan-jokowi

Bagikan: