[HOAKS] - VAKSIN BOOSTER GRATIS HANYA UNTUK PEMILIK BPJS KESEHATAN

Share :        
Jumat, 14 Jan 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan Facebook yang menyatakan bahwa bagi yang tidak memiliki BPJS Kesehatan untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga wajib membayar secara mandiri.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim wajib bayar vaksin dosis ketiga bagi yang tidak memiliki BPJS Kesehatan tidak benar. Faktanya, dilansir dari kompas.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa informasi yang menyebutkan vaksin booster akan berbayar untuk masyarakat yang tidak punya kartu BPJS Kesehatan itu keliru. "Tidak benar itu," kata Nadia.

Nadia menambahkan Pemerintah saat ini telah mulai melaksanakan program vaksin booster atau vaksin dosis ketiga pada Rabu (12/1/2022). Ia mengatakan, kriteria penerima vaksin booster saat ini masih diprioritaskan untuk lansia, pasien dengan komorbid, dan mereka yang memiliki gangguan kekebalan tubuh.

Adapun, Presiden Joko Widodo juga sudah mengumumkan bahwa vaksinasi dosis ketiga gratis di media sosial Twitternya (@jokowi).

KESIMPULAN

Informasi yang menyatakan vaksin ketiga berbayar bagi yang tidak memiliki BPJS Kesehatan adalah tidak benar. Faktanya, vaksin dosis ketiga gratis dan diprioritaskan untuk lansia, komorbid, dan orang yang memiliki gangguan kekebalan tubuh untuk tahap awal.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1.       https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/01/12/182530382/hoaks-vaksin-booster-berbayar-untuk-masyarakat-yang-tidak-punya-kartu?page=all

2.       https://twitter.com/jokowi/status/1480826731086835712