[HOAKS] - VAKSIN CACAR MENYEBABKAN INFEKSI AIDS DI AFRIKA

Share :        
Senin, 04 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook informasi yang bahwa WHO telah menyuntikkan 50 juta dosis vaksin kepada orang Afrika pada 11 Mei 1987. Disebutkan, pemberian vaksin cacar itu menyebabkan gelombang infeksi AIDS.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, yang dikutip dari artikel Fullfact (13/06/2022) Sejarawan epidemic AIDS, dr George Severs mengatakan bahwa ketika teori ini pertama kali dikemukakan pada 1987, teori itu muncul karena penyebarannya masih terbatas sebagian negara dan tanggapan cepat dari komunitas ilmiah.

"Ini benar-benar hari berikutnya orang-orang seperti WHO dan ilmuwan internasional yang sangat terkenal keluar untuk mengatakan sama sekali tidak ada kebenaran dalam teori ini sama sekali," ucap George. 

Beberapa hari setelah artikel tentang kaitan vaksin cacar dan AIDS diterbitkan, New Scientist melaporkan bahwa WHO membantah teori tersebut. 

Direktur program khusus WHO tentang AIDS pada saat itu, Jonathan Mann, mencatat bahwa vaksin cacar telah didistribusikan di banyak wilayah di dunia selama dua abad berturut-turut dan tidak pernah dikaitkan dengan peningkatan penyakit lain. 

Dia juga membantah klaim bahwa wabah AIDS terjadi di wilayah yang sedang menggencarkan vaksinasi cacar. 

"Di Asia, di mana ratusan juta vaksinasi cacar diberikan dari 1967 hingga 1972, AIDS masih jarang. Sebaliknya, AS sedang mengalami epidemi AIDS yang besar. Namun cacar telah diberantas di sana bertahun-tahun yang lalu," ucap Mann. 

Selain itu, juga tidak ada bukti bahwa vaksin cacar sengaja dikontaminasi dengan HIV, meskipun beberapa penelitian melihat penggunaan kembali jarum yang terkontaminasi secara medis dapat menjelaskan beberapa penyebaran HIV yang terlihat di Afrika.

KESIMPULAN

Klaim pemberian vaksin cacar oleh WHO di Afrika dapat menyebabkan gelombang infeksi AIDS adalah tidak benar. Faktanya tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan hal tersebut. Vaksin cacar aman dan sudah didistribusikan ke seluruh dunia.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/29/135346282/cek-fakta-benarkah-vaksin-cacar-penyebab-wabah-aids-pada-1987?page=all

2. https://fullfact.org/health/smallpox-vaccine-aids-hiv/

3. https://kabartangsel.com/cek-fakta-salah-vaksin-cacar-menyebabkan-gelombang-infeksi-virus-aids/