[HOAKS] - VAKSIN COVID-19 DALAM BENTUK SIRUP

Share :        
Jumat, 26 Mar 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup bagi masyarakat yang takut jarum suntik. 

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com (22/03/2021) Tim Cek Fakta Liputan6.com menanyakan langsung ke pihak Kementerian Kesehatan.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut jarum suntik tidak benar.

"Tidak ada itu," kata Nadia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan gambar botol sebagai bahan pencarian menggunakann Yandex.

Penelusuran mengarah pada situs berlico.co.id, situs tersebut menampilkan gambar sebuah botol yang identik dengan gambar botol pada klaim.

Adapun kesamaannya adalah posisi tulisan berwarna biru pada tutup botol, volume isi botol, lambang pada label yang ada di botol.

Selain itu, telah diklarifikasi dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (22/03/2021), bahwa klaim vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup untuk yang takut jarum suntik, adalah tidak benar.

KESIMPULAN

Informasi tentang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 dalam bentuk sirup bagi masyarakat yang takut jarum suntik adalah tidak benar. Faktanya, Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid membantah klaim tersebut dan tulisan yang tercantum pada botol yang diklaim sebagai vaksin Covid-19 tersebut hanyalah hasil editan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire/ Parody)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4512301/cek-fakta-tidak-benar-ada-vaksin-covid-19-sirup-untuk-yang-takut-disuntik

2. https://kominfo.go.id/content/detail/33435/hoaks-vaksin-covid-19-berbentuk-sirup-bagi-yang-takut-disuntik/0/laporan_isu_hoaks

3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-ada-vaksin-covid-19-berbentuk-sirup-untuk-yang-takut-disuntik.html