[HOAKS] - VAKSIN COVID-19 MELEMAHKAN KEKUATAN TNI DAN TENAGA MEDIS INDONESIA

Share :        
Selasa, 13 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial bahwa Vaksin Covid-19 dapat melemahkan TNI dan tenaga medis Indonesia, sehingga kemudian Cina akan mengirim tentara dan tenaga medis pengganti serta rakyat Cina akan menduduki Indonesia.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional covid19.go.id (08/04/2021), telah diklarifikasi bahwa informasi tersebut salah. Tidak ada bukti bahwa vaksin melemahkan kekuatan TNI.

Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K)., Msi, Anggota Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), mengatakan bahwa guna menghambat persebaran Covid-19, sangat dibutuhkan penerapan 3M, 3T, serta vaksinasi yang memiliki cakupan 70%. Bahkan World Health Organization (WHO) melalui situs resminya juga menyatakan bahwa vaksin sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan berhasil menyelamatkan nyawa hampir 3 juta orang di dunia tiap tahunnya. Vaksin sendiri bekerja di dalam tubuh manusia untuk membangun sistem imun tubuh, bukan melemahkan.

KESIMPULAN
Informasi bahwa Vaksin Covid-19 dapat melemahkan TNI dan tenaga medis Indonesia, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti bahwa vaksin melemahkan kekuatan TNI dan vaksin justru bekerja di dalam tubuh manusia untuk membangun sistem imun tubuh, bukan melemahkan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://covid19.go.id/p/berita/salah-vaksin-melemahkan-kekuatan-tni
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/9K55OelK-cek-fakta-beredar-video-sebut-vaksin-melemahkan-kekuatan-tni-ini-cek-faktanya?
3. https://rri.co.id/humaniora/info-publik/1021324/cek-fakta-kekuatan-tni-bisa-dilemahkan-oleh-vaksin
4. https://life>