[HOAKS] - VAKSIN COVID-19 MEMBAHAYAKAN BAYI JIKA DIBERIKAN KEPADA IBU MENYUSUI

Share :        
Senin, 05 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 dapat membahayakan bayi bila diberikan kepada ibu yang menyusui.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (30/03/2021) telah diklarifikasi bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan seorang ibu menyusui bisa menerima vaksin tanpa adanya syarat khusus, karena begitu ibu tersebut sudah melahirkan dan mulai menyusui bayinya maka sudah layak untuk diberikan vaksinasi. Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Kedokteran Janin Ibu di Rumah Sakit Wanita Michigan MedicineVon Voigtlander, Dr. Molly Stout yang menegaskan bahwa vaksin Covid-19 justru memberi manfaat bagi bayi dari penularan virus karena antibodi dari ibu menyusui yang ditransfer ke ASI sebenarnya dapat melindungi bayi yang menyusui.

Dilaporkan dalam merdeka.com (01/04/2021), Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran dengan Nomor HK.02.02/11/368/2021 mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok lansia, komorbid dan penyintas Covid-19 serta sasaran tunda. Dalam salinan Surat Edaran tersebut, dijelaskan bahwa Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan.

KESIMPULAN
Informasi bahwa vaksin Covid-19 dapat membahayakan bayi bila diberikan kepada ibu yang menyusui, adalah tidak benar. Faktanya, ibu menyusui bisa menerima vaksin tanpa adanya syarat khusus dan vaksin Covid-19 justru memberi manfaat bagi bayi karena memperoleh antibodi yang ditransfer melalui ASI.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks:Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://kominfo.go.id/content/detail/33603/hoaks-vaksin-covid-19-berbahaya-bagi-ibu-menyusui/0/laporan_isu_hoaks
2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-vaksin-covid-19-bagi-ibu-menyusui-bisa-membahayakan-anak.html
3. https://kabar24.bisnis.com/read/20210404/621/1376172/vaksin-covid-19-berbahaya-bagi-ibu-menyusui-ini-faktanya