[HOAKS] - VAKSIN COVID-19 MENGANDUNG MAGNET

Share :        
Rabu, 02 Jun 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah video memperagakan dan menyebutkan adanya medan magnet di lengan bekas suntikan vaksinasi Covid-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelesuran, dari laman kompas.com (28/05/2021) Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa apa yang ada didalam video itu tidak benar.

Siti menjelaskan, Vaksin mengandung bahan aktif dan non aktif, dimana bahan aktif berisi antigen dan bahan non aktif berisi zat untuk menstabilkan, menjaga kualitas vaksin agar saat disuntikan masih baik.

Adapun jumlah cairan yang disuntikan hanya 0,5 cc dan akan segera menyebar ke seluruh jaringan sekitar. Sehingga tidak ada cairan yang akan tersisa ditempat bekas suntikan, ucap siti.

Menurut siti, logam dapat menempel dipermukaan kulit yang lembab biasanya disebabkan oleh keringat.

Siti menerangkan, pecahan uang logam Rp. 1000 terbuat dari bahan nikel dan nikel bukan logam yang bisa menempel karena daya magnet.

Eric Palm Ahli fisika dari national High Magnetic Field Laboratory Amerika Serikat mengatakan tidak mungkin ada microchip magnetis yang terbawa dalam suntika vaksin Covid-19.

Palm juga menegaskan, ukuran jarum vaksin yang sangat kecil,sepersekian millimeter, hanya akan mampu membawa partikel magnetis dengan kadar yang sangat rendah.

"Bahkan jika Anda menyuntikkan partikel yang sangat magnetis, ukurannya akan sangat kecil, sehingga tidak akan ada kekuatan yang cukup untuk benar-benar menahan magnet yang menempel di kulit Anda," kata Palm. 

Palm turut memaparkan, koin dapat dengan mudah menempel di kulit karena ada minyak dan tegangan yang terkait dengan permukaan benda tersebut. "Koin bahkan mudah menempel di dahi, seperti yang sering kita lakukan saat kecil," ucap palm.

KESIMPULAN

Video beredar yang memperagakan dan menyebutkan adanya medan magnet di lengan bekas suntikan vaksinasi Covid-19 adalah tidak benar. Faktanya, koin dapat dengan mudah menempel di kulit karena ada minyak dan tegangan yang terkait dengan permukaan benda tersebut.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1.    https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/28/123000365/penjelasan-kemenkes-soal-dugaan-adanya-medan-magnet-di-bekas-suntikan?page=all

2.    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5585744/satgas-angkat-bicara-soal-isu-vaksin-covid-19-mengandung-magnet

3.    https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210528191019-192-648070/kominfo-vaksin-covid-19-mengandung-magnet-hoax

4.    https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-vaksin-covid-19-mengandung-magnet.html

5.    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5587918/viral-vaksin-covid-19-mengandung-magnet-apa-sih-sebenarnya-kandungan-vaksin