[HOAKS] - VAKSIN MODERNA BOOSTER DOSIS TIGA UNTUK MASYARAKAT UMUM

Share :        
Jumat, 20 Agu 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah tangkapan layar kutipan artikel media berita dari kumparan.com pada Senin (16/8), yang menginformasikan bahwa vaksin Moderna booster dosis tiga akan disuntikkan untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan. Ketentuan tersebut juga tertuang di dalam dalam surat Nomor 8561/-1.772.1 yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

PENJELASAN 

Berdasarkan hasil penelusuran Tim JalaHoaks, isi artikel serupa mengarah pada laman berita kumparan.com (17/08/2021) berjudul "Dinkes DKI Mulai Suntik Vaksin Moderna ke Masyarakat, Berikut Lokasinya".

Pada artikel tersebut terdapat kutipan pernyataan Kepala Dinas Kesehatan, Widyastuti yang menyampaikan "Perlu kami tekankan bahwa tidak ada vaksin Moderna booster dosis 3 untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan".

Narasi kutipan dari tangkapan layar yang beredar sengaja disunting dan dimanipulasi sehingga yang dimunculkan pernyataan bahwa vaksin Moderna booster dosis 3 untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan.

KESIMPULAN 

Tangkapan layar dari artikel kumparanNEWS yang bertuliskan "Moderna booster dosis tiga untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan", adalah tidak benar. Faktanya, informasi tersebut merupakan hasil editan/suntingan dan manipulasi dari pernyataan Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti yang menekankan bahwa tidak ada vaksin Moderna booster dosis 3 untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan pada artikel di media online kumparan.com yang berjudul "Dinkes DKI Mulai Suntik Vaksin Moderna ke Masyarakat, Berikut Lokasinya."

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

2. https://m.kumparan.com/kumparannews/dinkes-dki-mulai-suntik-vaksin-moderna-ke-masyarakat-berikut-lokasinya-1wLjd5AcCmA/1