[HOAKS] - VIDEO ANGIN TORNADO SAPU BERSIH SEPARUH WILAYAH JAKARTA

Share :        
Jumat, 20 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar video di Youtube yang menampilkan dan menyebut bahwa terjadi angin tornado yang telah menyapu bersih separuh wilayah Jakarta.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui hal tersebut tidak benar. Dari hasil penelusuran, diketahui bahwa narasi yang dibacakan dalam video berasal dari dua artikel, yaitu:

1. Artikel berjudul “Sejumlah Wilayah Jakarta Diguyur Hujan Deras dan Angin Kencang” yang tayang di cnnindonesia.com pada 28 Desember 2022.

2. Artikel berjudul “Angin Kencang Terasa di Jakarta Pagi Ini, Kepala BMKG: Sesuai Prediksi” yang tayang di detik.com pada 28 Desember 2022.

Dari kedua artikel tersebut tidak ada pernyataan yang menyebutkan bahwa wilayah DKI Jakarta terkena bencana angin tornado. Adapun isi kedua artikel tersebut merupakan prediksi cuaca di akhir Desember 2022.

KESIMPULAN

Klaim video yang menyatakan bahwa separuh wilayah Jakarta terdampak angin tornado adalah tidak benar. Faktanya, tidak ditemukan informasi kredibel yang menyatakan separuh DKI Jakarta terdampak angin tornado. Berdasarkan penelusuran, isi video merupakan pembacaan dua artikel mengenai prediksi cuaca di wilayah DKI Jakarta pada akhir Desember 2022 yang telah dimanipulasi.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221228132658-20-893108/sejumlah-wilayah-jakarta-diguyur-hujan-deras-dan-angin-kencang

2. https://news.detik.com/berita/d-6485061/angin-kencang-terasa-di-jakarta-pagi-ini-kepala-bmkg-sesuai-prediksi