[HOAKS] - VIDEO IBU GENDONG BAYI PAKAI PLASTIK USAI MELAHIRKAN KARENA COVID-19

Share :        
Selasa, 06 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang ibu menggendong bayinya usai melahirkan dengan menggunakan pembatas berupa plastik. Penggunaan plastik tersebut disebut terkait dengan Virus Corona (Covid-19).

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (29/03/2021), telah diklarifikasi bahwa klaim pada video yang beredar tersebut adalah tidak benar.

Direktur Layanan Obstetrik Anestesi Rumah Sakit Wanita di Boston, Amerika Serikat, William Camann Praktik menjelaskan penggunaan tirai transparan tersebut sudah dilakukan sebelum pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya infeksi dalam operasi dan meningkatkan kedekatan antara ibu dan bayi sejak lahir.

Selain itu dilaporkan dalam reuters.com (26/03/2021), William Camann menjelaskan penggunaan plastik bening tersebut sebagai bagian dari konsep “gentle C-section” atau “gentle cesarean,” yakni dengan memberikan pengalaman melahirkan yang baik bagi orang tua, apapun cara melahirkan yang digunakan. Penggunaan penggunaan tirai bening (plastik) disebut dapat memberikan pengalaman melahirkan secara caesar yang berbeda.

"Anda dapat melihat bayinya segera setelah lahir, ada ikatan dan hubungan yang jauh lebih baik antara orang tua dan bayi. Mereka tidak bisa langsung menyentuhnya, tetapi mereka bisa melihatnya," ujar Camann.

Meski demikian, dilansir dari kumparan.com (28/03/2021) dijelaskan bahwa saat operasi caesar, tirai bedah yang biasanya berwarna biru atau hijau tetap dipasang. Saat bayinya telah dikeluarkan dari perut ibu, maka tirai transparan itu baru dipasang agar orang tua bisa melihat langsung bayinya. 

KESIMPULAN
Informasi tentang video seorang ibu menggendong bayinya usai melahirkan dengan menggunakan pembatas berupa plastik karena terkait Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, penggunaan plastik bening tersebut merupakan bagian dari konsep “gentle C-section” atau “gentle cesarean,”  yang sudah dilakukan sebelum pandemi Covid-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33583/disinformasi-video-ibu-gendong-bayi-pakai-plastik-usai-melahirkan-karena-corona/0/laporan_isu_hoaks
2. https://www.reuters.com/article/factcheck-csection-cleardrape/fact-check-clear-drapes-are-used-in-c-sections-for-a-gentler-birth-not-due-to-covid-19-idUSL1N2LO1V9
3. https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-ibu-gendong-bayi-pakai-plastik-usai-melahirkan-karena-corona-1vRP3or0YMF/full
4. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akWLMz0K-cek-fakta-video-seorang-ibu-gendong-bayi-pakai-plastik-usai-melahirkan-karena-covid-19-cek-faktanya