[HOAKS] - VIDEO JOKOWI DIUSIR PAKSA DARI ISTANA OLEH PASPAMRES

Share :        
Jumat, 13 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar video di Youtube yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo diusir dari Istana oleh Paspampres.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim video tersebut tidak benar. Dari penelusuran, diketahui bahwa isi hasil suntingan. Adapun video yang disunting ialah video berjudul “TELAK! PENGACARA BONGKAR KEJANGGALAN SIDANG BAMBANG TRI & GUS NUR! INI PENYAKIT PEMERINTAHAN JOKOWI!” yang tayang di kanal Youtube Refly Harun PODCAST (Keren Cadas!)” pada 3 Januari 2023. Dalam video tersebut tidak ada pernyataan pengusiran Presiden Joko Widodo oleh Paspampres.

Lalu, narasi dalam video diketahui berasal dari artikel berjudul “Penggugat Dugaan Ijazah Palsu Jokowi Jalani Sidang Ujaran Kebencian di PN Solo” yang tayang di solopos.com pada 27 Desember 2022. Dalam artikel itu hanya membahas proses persidangan mengenai dugaan ijazah palsu Presiden Joko Widodo. Tidak ada pernyataan pengusiran Presiden Joko Widodo oleh Paspampres.

KESIMPULAN

Klaim video Presiden Joko Widodo diusir oleh Paspampres dari Istana adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan yang isinya tidak ada pernyataan mengenai pengusiran Presiden Joko Widodo oleh Paspampres.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. https://youtu.be/PuOL7Cjqqjo

2. https://www.solopos.com/penggugat-dugaan-ijazah-palsu-jokowi-jalani-sidang-ujaran-kebencian-di-pn-solo-1509216