[HOAKS] - VIDEO KONDISI PASAR TANAH ABANG MENJELANG LEBARAN YANG PENUH SESAK KERUMUNAN ORANG SAAT PEMBERLAKUAN PSBB

Share :        
Kamis, 21 Mei 2020

DISINFORMASI
Beredar video di media sosial dan aplikasi percakapan yang menampilkan kondisi Pasar Tanah Abang yang penuh sesak kerumunan orang menjelang lebaran. Video ini sengaja disebarkan saat wilayah Jakarta sedang memberlakukan PSBB di tengah pandemi COVID-19. Video berdurasi 2.50 tersebut direkam oleh salah satu pedagang Pasar Tanah Abang yang memperlihatkan situasi dan kondisi pasar saat itu.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan video youtube unggahan oleh akun Tribunnews.com pada tanggal 6 Juni 2018. Dilaporkan bahwa video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jktinfo. Dilansir dari keterangan unggahan, momen tersebut diambil pada Rabu (6/6/2018) siang hari. Terdengar suara orang yang merekam video tersebut memperingatkan agar para ibu ibu berhati-hati. "Bu, hati-hati bu, dompetnya dompetnya pegang," ucapnya. Tampak dari video tersebut, para pengunjung berdesak-desakan tidak dapat bergerak, Tujuan mereka di sana tak lain adalah untuk membeli baju. "Demi sehelai baju, aku rela berpanas-panasan, aku rela bersempit-sempit," ucap perekam video. Lautan manusia tersebut telah menutup jalanan, hingga mobil dan kendaraan lain tidak dapat melintas. "Mobil pun ndak bisa jalan ini namanya, gila, ini lautan manusia ini," ungkapnya.
Video tersebut mulai disebarkan kembali dengan tambahan beragam narasi saat pemberlakuan PSBB dalam upaya menekan penyebaran virus Covid19. Penyebaran ulang video ini bertujuan memanipulasi informasi yang ada di lapangan.

KESIMPULAN
Video yang menampilkan kondisi Pasar Tanah Abang yang penuh sesak kerumunan orang menjelang lebaran saat pemberlakuan PSBB di wilayah Jakarta adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video kondisi Pasar Tanah Abang saat menjelang lebaran tahun 2018.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber fakta:
1. https://www.youtube.com/watch?v=wnJLZla7l60