[HOAKS] - VIDEO MALAYSIA KERAHKAN TENTARA LARANG WARGA INDONESIA MASUK KE NEGARANYA

Share :        
Senin, 30 Jan 2023

DISINFORMASI
Beredar unggahan video di media sosial Youtube tentang negara Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya dengan mengerahkan tentaranya.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa video tersebut merupakan hasil suntingan.

Dilansir dari tempo.co (25/01/2023), video tersebut merupakan hasil suntingan dari sejumlah video, sebagai berikut:
1. Video berjudul “Diskriminasi TKI di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Terminal 2” yang tayang di kanal Youtube Guna Adiluhur pada 17 November 2016.
2. Video berjudul “PERTANDINGAN UKMHK TAHUN 2022 (MERENTAS HALANGAN)” yang tayang di kanal Youtube Kadus Channel pada 1 April 2022.
3. Video berjudul “Kita jumpa kat luar kejap lagi” yang tayang di kanal Youtube KiniTV pada 26 November 2018.
4. Video berjudul “BP2MI: Semua Pihak Harus Berkolaborasi Atasi Permasalahan PMI di Luar Negeri” yang tayang di kanal Youtube CNN Indonesia pada 30 Juni 2022.
5. Video berjudul “((LIVE)) Istiadat Mengangkat Sumpah Perdana Menteri Ke-10, Datuk Seri Anwar Ibrahim” yang tayang di kanal Youtube MalaysiaGazette TV pada 24 November 2022.

Dalam sejumlah video tersebut, tidak ditemukan adanya pernyataan bahwa Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya hingga mengerahkan tentara. Adapun, tiap video tersebut tidak saling terkait satu dengan lainnya.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video diketahui berasal dari artikel berjudul “Larang Warga Indonesia Masuk, Malaysia Kerahkan Tentara ke Perbatasan” yang tayang di viva.co.id pada 2 September 2020. Isi artikel membahas pelarangan kedatangan warga Indonesia ke Malaysia dikarenakan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 pada tahun 2020. Adapun, kebijakan itu tidak hanya menyasar kepada warga Indonesia melainkan juga warga asing lainnya. Konteks artikel itu pun dipelintir hingga tidak sesuai dengan isi artikelnya.

Artikel lain yang dibacakan dalam video ialah artikel opini berjudul “Rendahnya 'Moralitas' Netizen Malaysia,” yang tayang di kompasiana.com pada 29 Desember 2020. Dalam artikel itu juga tidak ditemukan pernyataan pelarangan warga Indonesia masuk ke Malaysia hingga mengerahkan tentara.

Dari penelusuran lanjutan, tidak ditemukan informasi valid yang menunjukkan bahwa Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya.

KESIMPULAN
Informasi dalam video yang menyebutkan Malaysia melarang warga Indonesia masuk ke negaranya dengan mengerahkan tentara, adalah tidak benar. Faktanya, video merupakan hasil suntingan serta gabungan dari sejumlah video dan narasi artikel yang tidak saling terkait.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/2130/keliru-video-dengan-klaim-malaysia-larang-warga-indonesia-masuk-wilayahnya
2. https://youtu.be/quSA42oL5qE
3. https://youtu.be/DN5cDqWeLbo
4. https://youtu.be/bX0viqNZcBY
5. https://youtu.be/tUtrtTG_w8M
6. https://youtu.be/6QDUQKgiE34
7. https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1298315-larang-warga-indonesia-masuk-malaysia-kerahkan-tentara-ke-perbatasan?page=all
8. https://www.kompasiana.com/husita/5feb562d8ede48798e49f0d2/rendahnya-moralitas-nitizen-malaysia