[HOAKS] - VIDEO ORANG TAK SADARKAN DIRI SETELAH MENELEPON DENGAN PONSEL DI-CHARGE SEMBARI MINUM AIR

Share :        
Kamis, 13 Jan 2022

DISINFORMASI

Beredar pesan berantai Whatsapp video yang menayangkan seorang pria tak sadarkan diri setelah menelepon menggunakan ponsel yang tengah di-charge sembari minum air. Dalam narasi pesan berantai itu disebutkan tak sadarkan diri disebabkan listrik mengalir ke jantung.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa isi video tersebut tidak benar. Faktanya, dilansir dari thequint.com, video itu merupakan bentuk video terskenario dari India. Video semacam itu kerap ditayangkan di akun Facebook Sanjjanaa Galrani. Jadi, video itu bukan kejadian sebenarnya.

Adapun, perihal klaim menelepon menggunakan ponsel yang tengah di-charge sembari minum air dapat mengalirkan listrik ke jantung juga tidak tepat. Dilansir dari poynter.org dan afp.com, Eric Yeatman, Kepala Departemen Teknik Listrik dan Elektronik di Imperial College London menyatakan bahwa aliran listrik yang mengalir di charger atau pengisi daya ponsel tidak terlalu besar karena ada mekanisme pengamanannya sehingga daya listriknya tidak berbahaya. Meski demikian, Yeatman mengingatkan bahwa kemungkinan terburuk bukanlah tersengat listrik melainkan ponsel terbakar sehingga menyebabkan luka bakar, bukan menyetrum orang yang menggunakan ponselnya.

KESIMPULAN

Pesan berantai Whatsapp berupa video dengan klaim menelepon menggunakan ponsel yang di-charge sembari minum air dapat mengalirkan listrik ke jantung tidak tepat. Faktanya, video itu merupakan bentuk video terskenario dari India dan aliran listrik dari charger ponsel tidak kuat untuk melewati dan membahayakan tubuh secara langsung. Bahaya yang paling buruk ialah luka bakar karena ponsel terbakar, bukan karena sengatan listrik dari charger ponsel.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1.       https://www.thequint.com/news/webqoof/man-collapsed-while-charging-phone-drinking-water-fact-check#read-more

2.       https://www.boomlive.in/fact-check/video-of-man-being-electrocuted-while-using-his-phone-is-scripted-fake-news-cctv-footage-16155

3.       https://factcheck.afp.com/misleading-video-risks-charging-phone-spreads-worldwide

4.       https://www.poynter.org/tfcn/2021/no-using-your-phone-while-its-charging-wont-send-electric-waves-through-your-body/