[HOAKS] - VIDEO PAKU KECIL DALAM OBAT KAPSUL

Share :        
Kamis, 01 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial tentang beberapa obat kapsul yang setelah dibuka ternyata berisi paku-paku kecil.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, telah diklarifikasi dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (03/03/2021) bahwa paku-paku dalam kapsul tersebut sengaja dimasukkan oleh pria yang ada dalam video.

Diketahui rekaman video tersebut sempat viral di Kazakhstan dan telah diklarifikasi oleh Komite Pengawasan Medis dan Farmasi Kementerian Kesehatan Republik Kazakhstan, bahwa pihaknya tidak secara resmi menerima informasi dari konsumen, pemegang sertifikat registrasi, entitas farmasi, atau pun tenaga medis tentang adanya benda asing di dalam obat kapsul Enterofuril yang terlihat pada video tersebut. 

Selain itu, dilaporkan dalam liputan6.com (03/03/2021) bahwa terdapat banyak media kredibel di luar negeri yang membahas tentang klaim tersebut. Salah satunya yakni FactCheck.kg, yang membahas klaim yang ditulis dalam Bahasa rusia dengan terjemahan judul “Paku dalam Kapsul Obat enterofuril.”

Dijelaskan bahwa kapsul yang berada dalam video tersebut adalah Enterofuril yang diproduksi oleh perusahaan farmasi JSC Bosnalik yang berbasis di Bosnia dan Herzegovina. Enterofuril terdaftar dan disetujui untuk penggunaan medis di Republik Kazakhstan dengan nomor registrasi RK-LS-5 No. 022825 tanggal 03/02/2017, dan RK-LS-5#022904 tanggal 10.04.2017.

Disebutkan oleh FactCheck.kg, orang yang merekam video tersebut sudah terlebih dulu mengganti isi kapsul dengan paku. Pelaku diketahui memilih kapsul Enterofuril karena sudah kadaluwarsa untuk eksperimen pribadinya.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang beberapa obat kapsul yang setelah dibuka ternyata berisi paku-paku kecil, adalah tidak benar. Faktanya, orang yang merekam video tersebut diketahui sudah terlebih dulu mengganti isi kapsul dengan paku dan memilih kapsul Enterofuril karena sudah kadaluwarsa untuk eksperimen pribadinya.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33073/hoaks-obat-kapsul-berisi-paku/0/laporan_isu_hoaks
2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4497043/cek-fakta-tidak-benar-ada-obat-kapsul-berisi-paku-simak-penelusurannya
3. https://factcheck.kg/gvozdi-v-kapsulah-lekarstva-enterofuril/
4. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-kapsul-berisi-paku.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=merdekatwitter
5. https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-131535181/hoaks-atau-fakta-beredar-obat-kapsul-berisi-paku
6. https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/07/120500665/-hoaks-video-kapsul-berisi-paku-paku-kecil?page=all