[HOAKS] - VIDEO PERNYATAAN PM ISRAEL INGIN MEMBUNUH MUSLIM DENGAN VAKSIN

Share :        
Kamis, 20 Mei 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah video PM Israel, Netanyahu, yang mengatakan bahwa akan membunuh muslim dengan vaksin. Dalam video tersebut, terdapat keterangan bahwa Netanyahu berkata didepan kamera "Pertama kita membunuh Muslim dengan peluru, lalu dengan rudal, lalu dengan vaksin".

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 covid19.go.id (14/05/2021) telah diklarifikasi bahwa klaim video PM Israel, Netanyahu, yang mengatakan bahwa akan membunuh muslim dengan vaksin, adalah salah.

Diketahui bahwa video yang dibagikan adalah sama dengan video dari laman berita Independent independent.co.uk (19/01/2021), isi dari video tersebut merupakan Netanyahu yang memperlihatkan model rudal anti-balistik Israel dan jarum suntik yang ia gunakan ketika vaksinasi. Yang mana, Netanyahu hendak menunjukkan model rudal anti-balistik dan jarum suntik tersebut kepada tamu-tamu yang datang dari luar negeri.

Selain itu, dalam liputan6.com (15/05/2021), video yang diklaim sebagai pernyataan PM Israel Benjamin Netanyahu akan membunuh umat Muslim dengan vaksin adalah tidak benar. Karena video tersebut memberitahu tentang jarum suntik yang digunakan Israel untuk memvaksin covid-19.

KESIMPULAN

Informasi dalam video PM Israel, Netanyahu, yang mengatakan bahwa akan membunuh muslim dengan vaksin, adalah tidak benar. Faktanya, isi dari video tersebut merupakan Netanyahu yang memperlihatkan model rudal anti-balistik Israel dan jarum suntik yang ia gunakan ketika vaksinasi.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-video-pernyataan-netanyahu-akan-membunuh-muslim-dengan-vaksin

2. https://www.independent.co.uk/news/world/middle-east/benjamin-netanyahu-coronavirus-vaccine-syringe-office-b1789489.html?jwsource=cl

3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4558115/cek-fakta-tidak-benar-video-pm-israel-akan-bunuh-umat-muslim-dengan-vaksin