[HOAKS] - VIDEO PIDATO GUBERNUR ANIES BASWEDAN TENTANG ACT GUNAKAN PENDEKATAN INOVASI PROFIT

Share :        
Sabtu, 09 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Instagram yang menampilkan pidato Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, bahwa program ACT menggunakan pendekatan inovasi profit dengan konsep mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berlebih.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, video tersebut merupakan hasil suntingan yang mengubah konteks pernyataan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Video serupa yang berisikan pernyataan lengkap Gubernur Anies Baswedan dapat ditemukan di kanal Youtube resmi Pemprov DKI Jakarta (03/05/2020) berjudul "Jakarta Care Line: Antar Pangan Gratis Bantu Sesama" dan pada akun Instagram resmi @dkijakarta (03/05/2020).

Dalam pernyataan lengkapnya, kala itu Gubernur Anies Baswedan menyatakan apresiasi atas program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jakarta Line Care untuk memenuhi kebutuhan warga pada saat pandemi Covid-19. Selain itu, juga disampaikan terima kasih kepada lembaga/ organisasi, komunitas, dan warga Jakarta yang telah menginisiasi, bahu membahu membantu sesama dan bersolidaritas #lawanCOVID19.

Narasi pidato yang asli, sebagai berikut:

"Karena itu saya menyampaikan apresiasi bahwa ACT langsung bertindak tanggap menciptakan suatu sistem di mana mereka yang berpunya memberikan kepada mereka yang kekurangan, mereka yang berlebih memberikan kepada mereka yang membutuhkan. Sistem ini merupakan suatu pendekatan yang amat menarik, karena bukan lewat negara, tapi lewat antarmasyarakat."

Dilansir dari cnnindonesia.com (07/07/2022), Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Tatak Ujiyati menegaskan bahwa video tersebut adalah hoaks. Tatak menjelaskan bahwa pernyataan Gubernur Anies Baswedan dalam video tersebut berbeda dari aslinya.

KESIMPULAN
Informasi dalam video pidato Gubernur Anies Baswedan tentang program ACT menggunakan pendekatan inovasi profit, adalah tidak benar. Faktanya, video yang tersebar merupakan hasil suntingan dari video pidato asli terkait program ACT Jakarta Careline untuk memenuhi kebutuhan warga pada saat pandemi Covid-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire or Parodi)

Sumber Fakta:
1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220707091536-32-818340/tgupp-video-postingan-abu-janda-soal-anies-bicara-act-hoaks
2. https://www.republika.co.id/berita/remt4j484/abu-janda-kedapatan-sebar-hoaks-video-anies-soal-pidato-act 
3. https://www.instagram.com/p/B_uU7kCAbMh/ 
4. https://www.youtube.com/watch?v=ji41-2_LfO4