[HOAKS] - VIDEO PISANG DARI SOMALIA MENGANDUNG CACING HELICOBACTER

Share :        
Jumat, 19 Nov 2021

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp tentang sebanyak 500 ton pisang dari Somalia mengandung cacing Helicobacter yang dapat menyebabkan kematian dalam 12 jam setelah dikonsumsi. Pesan disertai video mengupas pisang dan ditemukan cacing di dalamnya. 

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kumparan.com (04/11/2021) bahwa pada situs pengecekan fakta India, factly.in, video tersebut ditemukan di sebuah artikel yang diterbitkan di Iran. Dalam artikel dijelaskan Helicobacter bukanlah cacing, melainkan nama bakteri.

Video tersebut juga dikonfirmasi oleh otoritas Pertanian dan Keamanan Pangan Abu Dhabi melalui akun Twitternya pada 1 November 2021. Ditegaskan, informasi tersebut palsu dan menyesatkan.

“Cacing tidak bisa menyelesaikan siklus hidupnya di dalam buah jika besarnya seperti yang ditunjukkan dalam video," tulis lembaga tersebut. 

Selain itu, dilaporkan dalam cekfakta.tempo.co (16/11/2021), video tersebut telah beredar sejak Oktober 2021 di sejumlah negara di Ameria Latin, Eropa, dan Asia. Beberapa ilmuwan maupun otoritas terkait negara-negara tersebut pun telah membantah klaim dalam video tersebut.

Pusat Penelitian Nasional untuk Pisang (NRCB), yang merupakan bagian dari Dewan Penelitian Pertanian India, juga telah memberikan klarifikasi.

"Dalam video ini, benang seperti cacing yang tidak memiliki ciri-ciri cacing kecuali bentuknya ditarik keluar dari pisang yang sudah matang dan benda seperti cacing itu disebut "Helicobacter" yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan untuk melihat bakteri ini, itu harus diisolasi, diwarnai dan diamati di bawah mikroskop. Apalagi, tidak ada cacing seperti itu yang tercatat menginfeksi pisang utuh," jelas NRCB.

KESIMPULAN
Informasi tentang pisang dari Somalia mengandung cacing Helicobacter yang dapat menyebabkan kematian, adalah tidak benar. Faktanya, Helicobacter bukanlah cacing melainkan bakteri yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan benda menyerupai cacing yang ada pada video diduga adalah benang.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-video-500-ton-pisang-dari-somalia-terkontaminasi-cacing-helicobacter-1wqsUNEXKh4/full
2. https://factly.in/this-claim-that-somalia-bananas-have-a-worm-called-helicobacter-which-will-cause-brain-death-in-12-hours-is-not-true/
3. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1567/menyesatkan-pisang-asal-somalia-mengandung-cacing-helicobacter