[HOAKS] - VIDEO PRESIDEN JOKOWI MENARI DI PON PAPUA 2021 BUKTIKAN COVID-19 DAN PROKES TIDAK BERLAKU LAGI

Share :        
Selasa, 05 Okt 2021

[DISINFORMASI ]
Beredar tangkapan layar sebuah video yang menampilkan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi sedang menari Seka di Papua, dengan narasi bahwa video tersebut membuktikan Covid-19 dan aturan protokol kesehatan (prokes) tidak berlaku lagi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan bahwa video serupa telah banyak diunggah pada channel Youtube dari beberapa media berita nasional.

Selain itu, setelah ditelusuri pada channel Youtube KOMPASTV, ditemukan bahwa tangkapan layar dari cuplikan video tentang Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menari Seka di Papua tersebut adalah cuplikan video lama yang diunggah pada 28 Oktober 2019 lalu.

Diinformasikan bahwa ada momen menarik ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Kaimana, Papua Barat. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menari Seka, yakni tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, beserta masyarakat setempat pun ikut menari Seka.

Kunjungan tersebut disebut sebagai bentuk perhatian Presiden pada warga Papua Barat. 

KESIMPULAN
Informasi tentang video Presiden Jokowi menari Seka dalam rangka PON Papua sebagai bukti Covid-19 serta prokes tidak berlaku lagi, adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut diambil dari unggahan lama di channel Youtube KOMPASTVpada 28 Oktobr 2019, sebelum pandemi Covid-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.youtube.com/watch?v=SWParAKwtuU
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXj320b-cek-fakta-video-kunjungan-jokowi-di-pon-papua-ini-bukti-covid-19-dan-prokes-tidak-berlaku-lagi-simak-faktanya
3. https://www.youtube.com/watch?v=VXfoUrHxZ9g