[HOAKS] - VIRUS CORONA HANYA PENYAKIT RINGAN YANG SUDAH ADA DALAM BUKU IPA KELAS VIII TAHUN 2017

Share :        
Rabu, 21 Jul 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan tentang virus Corona yang sudah tertulis dalam dalam buku pelajaran IPA Kelas VIII Tahun 2017. Pria dalam video kemudian mengklaim virus Corona hanyalah penyakit ringan yang sudah ada sejak dulu.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam health.detik.com (30/06/2021) bahwa virus Corona sendiri memang sebetulnya sudah lama diketahui oleh para peneliti. Virus Corona yang menginfeksi manusia pertama kali diidentifikasi pada tahun 1965 menyebabkan gejala ringan mirip pilek. Hanya saja yang perlu diketahui virus Corona ada berbagai macam. Dalam beberapa tahun sejak pertama kali diidentifikasi, peneliti menemukan jenis-jenis virus Corona lain yang ada pada binatang dan beberapa di antaranya bisa menginfeksi manusia.

Pada tahun 2002 muncul Corona ganas pertama yang membuat heboh dunia yaitu virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang awalnya muncul di China dan menyebar lebih ke 28 negara. Hingga kemudian pada akhir tahun 2019, jenis virus Corona baru yaitu Covid-19 muncul. Virus Corona ini menjadi pandemi dan berbahaya karena kemampuan menularnya yang begitu tinggi menyebabkan banyak orang jatuh sakit dalam waktu bersamaan.

Dilansir dari sains.kompas.com (29/01/2020), virus Corona 2019-nCoV merupakan penyakit zoonosis yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) drh. Muhammad Munawaroh, M.M menjelaskan bahwa virus Corona bukan sesuatu yang baru bagi satwa liar.

"Virus corona di hewan (liar), sejak dulu memang sudah ada. Namun yang saat ini kan terjadi mutasi sehingga disebut dengan Novel coronavirus (2019-nCoV)," jelas Munawaroh.

"Tapi pada waktu dulu, virus itu tidak menular ke manusia. Tapi dengan adanya mutasi, muncullah bentuk baru dari virus yang bisa menginfeksi manusia," lanjutnya.

Peneliti bidang mikrobiologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Sugiyono Saputra, menjelaskan virus corona memiliki laju mutasi yang sangat cepat dibandingkan dengan jenis virus yang lain seperti double stranded DNA (dsDNA) virus. Sehingga, kemunculan kejadian luar biasa dapat berlangsung cepat dan tidak terduga. Penyebaran secara global pun dapat terjadi dengan mudah dikarenakan mobilitas manusia yang tinggi.

KESIMPULAN
Informasi dalam video yang memperlihatkan tentang virus Corona hanya penyakit ringan yang sudah tertulis dalam dalam buku pelajaran IPA Kelas VIII Tahun 2017, adalah tidak benar. Faktanya, virus Corona yang menginfeksi manusia pertama kali diidentifikasi pada tahun 1965 dan memiliki laju mutasi yang sangat cepat dibandingkan dengan jenis virus lain. Sedangkan, Covid-19 adalah jenis virus Corona baru yang menjadi pandemi dan berbahaya karena kemampuan menularnya yang begitu tinggi menyebabkan banyak orang jatuh sakit dalam waktu bersamaan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5625367/viral-buku-ipa-tahun-2017-sebut-virus-corona-tak-bahaya-ini-lho-maksudnya
2. https://sains.kompas.com/read/2020/01/29/131500523/sudah-lama-ada-kenapa-virus-corona-baru-sekarang-menginfeksi-manusia?page=all#page2