[HOAKS] - VLADIMIR PUTIN SENGAJA TAK HADIRI KTT G20 KARENA SIBUK MEMANCING

Share :        
Selasa, 22 Nov 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah unggahan video yang menyebutkan Vladimir Putin tak hadir di KTT G20 karena sibuk memancing ikan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, bahwa narasi yang menyebutkan Vladimir Putin tak hadir di KTT G20 karena sibuk memancing ikan adalah tidak benar.

Dikutip dari laman liputan6.com (17/11/2022) Bahwa video tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Putin saat berlibur ke Repubik Tuva, Siberia pada 2017.

Selain itu, dikutip dari laman kompas.com (16/11/2022) alasan putin tidak hadir dalam acara KTT G20 di Bali dikarenakan jadwal yang mengharuskan Putin tetap berada di Rusia.

“ini keputusan kepala negara, mengingat jadwalnya dan perlunya dia tinggal di Federasi Rusia.” Ucap juru bicara Kremilin Dmitry Peskov.

Rusia mengirimkan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov sebagai perwakilan di G20. Pernyataan tersebut ditegaskan oleh Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

“Dapat saya pastikan bahwa (Menteri Luar Negeri) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden Putin masih dalam proses, ia dapat berpartisipasi secara virtual,” ucap Yulia Tomskaya, kepala protocol Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

KESIMPULAN

Narasi yang menyebutkan Vladimir Putin tak hadir di KTT G20 karena sibuk memancing ikan adalah tidak benar. Faktanya video tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Putin saat berlibur ke Repubik Tuva, Siberia pada 2017.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire/ Parody)

SUMBER FAKTA

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5127412/cek-fakta-tidak-benar-vladimir-putin-tak-hadir-di-ktt-g20-karena-sibuk-mancing-ikan

2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/16/100200882/-hoaks-putin-tak-hadir-di-ktt-g20-karena-sedang-memancing?page=all

3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-alasan-putin-tidak-hadir-di-ktt-g20-bali-karena-sibuk-mancing.html