[HOAKS] - WAHANA RUANG ANTARIKSA, BUKTI KEBOHONGAN EKSPLORASI ASTRONOT KE RUANG ANGKASA

Share :        
Jumat, 24 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video melalui media sosial Facebook dengan narasi tentang percobaan membuat ruang antariksa hampa udara yang dapat menggagalkan klaim astronot pernah keluar angkasa. Dalam video tersebut tampak sebuah tangki yang hancur lantaran udara di dalamnya disedot oleh alat vakum.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id (21/06/2022), wahana antariksa tidaklah hampa udara. Ruang angkasalah yang merupakan ruang hampa karena ruang angkasa tidak memiliki materi sehingga menciptakan tekanan yang sangat rendah. Sedangkan, dalam wahana antariksa sendiri masih terdapat oksigen.

Mengacu kepada artikel di laman infoastronomy.org (08/05/2021), disebutkan bahwa wahana antariksa seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional (biasa disebut ISS) masih terdapat oksigen dari alat oxygen generator system yang fungsinya mengelektrolisis air sehingga dapat menghasilkan oksigen. Selain itu, di wahana antariksa dapat menyalakan tabung SFOG (Solid Fuel Oxygen Generation) untuk menghasilkan pasokan oksigen yang terbatas.

Adapun, mengacu kepada laporan turnbackhoax.id, video yang beredar itu merupakan video dari kanal Youtube Mythbusters yang melakukan penyedotan udara dari sebuah tangki truk untuk berusaha menghancurkannya. Mekanisme penyedotan udara (vacuum) tersebut berbeda dengan konsep hampa udara (vacuum) di luar angkasa sehingga tidak dapat dijadikan bukti dari klaim yang menyertai narasi video di Facebook tersebut.

KESIMPULAN
Informasi dalam video yang diklaim sebagai percobaan membuat ruang antariksa hampa udara yang dapat menggagalkan klaim astronot pernah keluar angkasa, adalah tidak benar. Faktanya, wahana antariksa tidaklah hampa udara seperti pada ruang angkasa. Sedangkan, dalam wahana antariksa sendiri masih terdapat oksigen.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://turnbackhoax.id/2022/06/21/salah-wahana-ruang-angkasa-merupakan-hampa-udara/
2. https://www.infoastronomy.org/2021/05/inilah-asal-oksigen-untuk-bernapas-di.html
3. https://www.livescience.com/why-is-space-a-vacuum.html