[HOAKS] - WARGA UKRAINA MENGECAM UPAYA PRESIDEN JOKOWI UNTUK MEDIASI DAMAI DENGAN RUSIA

Share :        
Selasa, 12 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar tangkapan layar sebuah berita dengan logo kantor berita CNN Indonesia tentang Presiden Zelensky dan rakyat Ukraina mengecam dan merasa direndahkan Presiden Jokowi karena menyampaikan pesan meminta perdamaian dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

PENJELASAN
Dalam salah satu akun penangkal hoaks turnbackhoax.id (09/07/2022) telah diklarifikasi bahwa artikel dalam foto hasil tangkapan layar tersebut bukan merupakan artikel yang diunggah oleh CNN Indonesia.

Diinformasikan bahwa CNN Indonesia tidak pernah mempublikasikan artikel dengan tangkapan layar tersebut. Adapun berita yang dimuat CNN Indonesia terkait Zelensky dan Jokowi berjudul “Ukraina Jawab Klaim Jokowi soal Zelensky Titip Pesan ke Putin” yang diunggah pada 3 Juli 2022 dan berisi klarifikasi topik pembicaraan dalam pertemuan di Ukraina.

Hoaks berupa tangkapan layar artikel CNN Indonesia dengan desain serupa telah banyak beredar sebelumnya. Salah satunya telah dimuat dalam jalahoaks.jakarta.go.id (14/04/2022) berjudul “[HOAKS] - POLISI MEREKAYASA KEHADIRAN ADE ARMANDO DALAM DEMONSTRASI UNTUK MEMBUBARKAN MASSA” yang diunggah pada 14 April 2022.

KESIMPULAN
Informasi tentang Indonesia tentang Presiden Zelensky dan rakyat Ukraina bantah dan marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi, adalah tidak benar. Faktanya, CNN Indonesia tidak pernah mempublikasikan artikel dengan tangkapan layar tersebut.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://turnbackhoax.id/2022/07/09/salah-tangkapan-layar-artikel-cnn-indonesia-presiden-zelensky-dan-rakyat-ukraina-bantah-dan-marah-sudah-di-fitnah-dan-di-rendahkan-jokowi/
2. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220703110716-134-816593/ukraina-jawab-klaim-jokowi-soal-zelensky-titip-pesan-ke-putin
3. https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-POLISI-MEREKAYASA-KEHADIRAN-ADE-ARMANDO-DALAM-DEMONSTRASI-UNTUK-MEMBUBARKAN-MASSA