[HOAKS] - WHO MENETAPKAN PEPAYA SEBAGAI BUAH DENGAN GIZI TERTINGGI

Share :        
Senin, 11 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar di aplikasi Whatsapp yang menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan buah pepaya sebagai buah dengan nilai gizi tertinggi.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, bahwa klaim yang menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan buah pepaya sebagai buah dengan nilai gizi tertinggi adalah tidak benar.

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Lily Arsanti Lestari mengatakan tidak ada pemeringkatan dalam ilmu gizi.

Selain itu, dilansir dari laman USDA ditemukan bahwa kandungan gizi dalam 100 gram buah Pepaya adalah 20 mg kalsium, jumlah ini memang lebih banyak dari buah Apel dengan 6 mg kalsium, namun buah Kiwi memiliki kandungan kalsium lebih tinggi, yakni 34 mg.

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C total asam askorbat sebanyak 60,9 mg. Jumlah ini tidak lebih banyak dari vitamin C pada jambu yakni 228 mg.

Sementara itu, juru bicara WHO Thailand juga menepis bahwa ada pemeringkatan atau merekomendasikan buah atau sayuran secara khusus. "WHO sangat menganjurkan konsumsi buah dan sayur untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, berat badan yang sehat, dan mencegah obesitas. [Namun] WHO tidak pernah merekomendasikan buah atau sayuran secara khusus," tuturnya, dikutip dari AFP, 9 November 2021. 

Asisten profesor di Departemen Teknologi Pangan Chulalongkorn, dr Kanitha Tananuwong mengatakan bahwa setiap buah memiliki kandungan nutrisi dan manfaat masing-masing sehingga tidak perlu dibanding-bandingkan. 

"Mungkin tidak pantas untuk membandingkannya seperti itu karena setiap buah memiliki nilai kesehatan dan nutrisi yang berbeda," kata Kanitha. 

Nutrisi setiap buah juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Misalnya, orang dengan gula darah tinggi sebaiknya menghindari buah dengan kandungan gula yang tinggi pula.

KESIMPULAN

Klaim yang menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan buah pepaya sebagai buah dengan nilai gizi tertinggi adalah tidak benar. Faktanya WHO tidak pernah menetapkan peringkat buah dengan gizi tertinggi atau merekomendasikan satu jenis buah secara khusus.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/05/172644582/hoaks-who-tetapkan-pepaya-sebagai-buah-dengan-nilai-gizi-tertinggi?page=all

2. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169926/nutrients

3. https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9R32TE-2

4. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-who-sebut-pepaya-buah-paling-bergizi.html