[HOAKS] - WARGA DKI JAKARTA YANG KELUAR RUMAH SETELAH PUKUL 7 MALAM AKAN DITERTIBKAN TIM COVID HUNTER LINTAS SEKTOR

Share :        
Kamis, 08 Jul 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan agar mulai tanggal 7-20 Juli 2021 warga DKI Jakarta tidak keluar rumah setelah pukul 19.00 karena Tim Covid Hunter Lintas Sektor akan melakukan penertiban dengan membawa petugas laboratorium dan ambulans lalu langsung melakukan swab di tempat. Bila reaktif, langsung diisolasi di wisma BKD malam itu juga.

PENJELASAN
Berdasarkan keterangan dari Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (08/07/2021), diperoleh klarifikasi bahwa pesan berantai tersebut adalah hoaks dan tidak terdapat tempat bernama Wisma BKD di Jakarta.

Dari hasil penelusuran juga ditemukan berita berjudul "Klaster Hajatan Muncul di Lumajang, Kasus Covid-19 Meningkat" yang dilaporkan wartabromo.com (17/06/2021), yang mana dari berita tersebut dapat diketahui bahwa Wisma BKD yang disebutkan pada pesan berantai sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19, adalah berlokasi di Kabupaten Lumajang.

Selain itu, ditemukan dalam berita berjudul "PPKM Darurat Hari ke-1, Puluhan Remaja Nongkrong di Kafe Lumajang" yang dimuat dalam ngopibareng.id (04/07/2021), dengan diberlakukannya PPKM Darurat Jawa Bali sejak 3 Juli 2021, petugas Tim Hunter Covid-19 yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan, Sabtu 3 Juli 2021 malam. Hasilnya terdapat 20 remaja yang asik nongkrong di kafe dan mereka langsung menjalani swab.

Sedangkan terkait keberadaan Tim Covid Hunter Lintas Sektor, ditemukan dalam berita tahun 2020. Dilansir dari kompas.tv (05/12/2020), Tim Pemburu Covid-19 alias Covid Hunter pernah dibentuk oleh Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2020 untuk menindak kerumunan di masa pandemi Covid-19.

KESIMPULAN
Informasi yang menyebutkan bahwa mulai tanggal 7-20 Juli 2021 Tim Covid Hunter Lintas Sektor akan menertibkan warga DKI Jakarta dan langsung melakukan swab, adalah tidak benar. Faktanya,  tidak terdapat lokasi isolasi bernama Wisma BKD di Jakarta melainkan terdapat di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Meskipun demikian, sesuai dengan ketentuan dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 875 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019, dianjurkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap di rumah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta 
2. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta
3. https://www.wartabromo.com/2021/06/17/klaster-hajatan-muncul-di-lumajang-kasus-covid-19-meningkat/
4. https://www.ngopibareng.id/read/ppkm-darurat-hari-ke-1-puluhan-remaja-nongkrong-di-kafe-lumajang
5. https://www.kompas.tv/article/128570/polda-metro-jaya-kodam-jaya-pemprov-dki-bentuk-tim-pemburu-covid-19-alias-covid-hunter