[HOAKS] - WEBSITE DAN APLIKASI PEDULILINDUNGI.ID RAWAN PHISHING DAN MALWARE.

Share :        
Selasa, 05 Jan 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp berisi informasi bahwa website dan aplikasi pedulilindungi.id yang dibuat oleh pemerintah rawan phishing dan malware.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, dilansir dari laman kompas.com (02/01/2021), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) informasi yang menyebutkan aplikasi pedulilindungi.id rawan phishing dan malware adalah tidak benar atau hoaks.

Kementerian Kominfo memastikan jaminan perlindungan data pribadi sesuai perundang-undangan. Masyarakat diimbau tidak ragu untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kominfo juga memastikan provider yang digunakan system keamanan berlapis.

Aplikasi ini memiliki fitur tracking yang dapat mendeteksi pergerakan terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi dapat terhubung dengan operator selular lainnya untuk memastikan visualisasi yang sama.

Nomor disekitar pasien positif Covid-19 yang terdeteksi akan diberikan warning untuk segera menjalankan protocol kesehatan sesuai hasil tracking dan tracing. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas batas.

KESIMPULAN

Informasi melalui pesan berantau yang menyebutkan bahwa website dan aplikasi pedulilindungi.id yang dibuat oleh pemerintah rawan phishing dan malware adalah tidak benar. Faktanya Kementerian Kominfo memastikan jaminan perlindungan data pribadi sesuai perundangan-undangan terkait dengan data masyarakat pada aplikasi pedulilindungi.id.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/02/110500865/hoaks-aplikasi-peduli-lindungi-rawan-phishing-dan-malware?page=all

2. https://m.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-aplikasi-peduli-lindungi-rawan-phising-dan-malware.html

3. https://republika.co.id/berita/q8x1hv423/aplikasi-peduli-lindungi-aman-dari-emphising-dan-malwareem

4. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-aplikasi-peduli-lindungi-rawan-phising-dan-malware.html