[HOAKS] - WHATSAPP MERILIS VERSI TERBARU BERNAMA "PINK WHATSAPP"

Share :        
Jumat, 30 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial twitter bahwa WhatsApp merilis versi terbaru bernama "Pink WhatsApp" dengan berbagai fitur tambahan terbaru. Pesan disertai link unduh whatsapp.profileviewz.com/?whatsapp.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, telah diklarifikasi dalam turnbackhoax.id (28/04/2021) bahwa informasi tersebut adalah palsu atau hoaks. WhatsApp telah menegaskan bahwa tidak meluncurkan versi baru WhatsApp dengan warna merah muda (pink).

Dilaporkan dalam gadgets.ndtv.com (19/04/2021), Peneliti Keamanan Siber asal India, Rajshekhar Rajaharia, menyatakan bahwa aplikasi tersebut adalah malware yang mampu mengambil alih akses ponsel pengguna. 

"Setelah terinstal, aplikasi WhatsApp palsu mulai mengedarkan pesan yang berisi tautan untuk mengunduh. Tujuan peretas tampaknya mengumpulkan data pengguna sebanyak mungkin,” jelas Rajaharia.

Ini bukan pertama kalinya beredar informasi palsu tentang versi terbaru WhatsApp. Sebelumnya juga pernah beredar informasi palsu tentang WhatsApp Gold, yang juga diciptakan oleh peretas (hacker) untuk mengumpulkan data pengguna.

Diimbau kepada pengguna untuk hanya mengunduh aplikasi resmi yang tersedia di Play Store dan App Store.

KESIMPULAN
Informasi bahwa WhatsApp merilis versi terbaru bernama "Pink WhatsApp," adalah tidak benar. Faktanya, aplikasi tersebut adalah malware yang mampu mengambil alih akses ponsel pengguna dan diimbau kepada masyarakat untuk hanya mengunduh aplikasi resmi yang tersedia di Play Store dan App Store.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta
1. https://turnbackhoax.id/2021/04/28/salah-versi-baru-whatsapp-dengan-warna-merah-muda/
2. https://gadgets.ndtv.com/apps/news/whatsapp-pink-fake-app-circulation-virus-malware-2416910
3. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6AVRpK-cek-fakta-whatsapp-resmi-meluncurkan-versi-terbaru-berwarna-pink-cek-dulu-faktanya
4. https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/26/152500365/hati-hati-whatsapp-pink-aplikasi-palsu-pembobol-data-ini-cara?page=all