[HOAKS] - E-FORM PENDAFTARAN BANTUAN PRESIDEN PRODUKTIF USAHA MIKRO (BPUM) TAHAP II

Share :        
Rabu, 20 Jan 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp yang memuat e-Form Pendaftaran Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahap II.

PENJELASAN
Berdasarkan Hasil Koodinasi Tim Jalahoaks dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta (20/01/2021), diperoleh informasi bahwa pesan tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Dijelaskan bahwa pendaftaran bantuan presiden bagi produktif usaha mikro saat ini belum dibuka kembali.

Adapun Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI telah memuat klarifikasi melalui akun instagram resmi @kemenkopUKM (16/01/2021), agar masyarakat berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Bantuan Presiden (BanPre) produktif untuk Usaha Mikro yang sedang marak di media sosial. Diimbau kepada masyarakat agar dapat lebih bijak dan berhati-hati dalam menerima informasi atau pun membagikan data pribadi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI tidak pernah meminta data pribadi secara langsung kepada calon atau penerima Banpres Produktif. Informasi lebih lanjut dapat dipantau hanya melalui website dan saluran resmi @kemenkopukm serta Dinas Koperasi di daerah masing-masing.

KESIMPULAN
Informasi tentang e-Form Pendaftaran Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahap II, adalah tidak benar. Faktanya, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI tidak pernah meminta data pribadi secara langsung kepada calon atau penerima Banpres Produktif dan informasi lebih lanjut dapat dipantau hanya melalui website dan saluran resmi @kemenkopukm serta Dinas Koperasi di daerah masing-masing.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1.   Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
2.   https://www.instagram.com/p/CKDUa_CDtOZ/?igshid=1gm2tadn3a9ht