BUMIKAN PERAN PEMASARAN DIGITAL, DISKOMINFOTIK PROVINSI DKI JAKARTA GELAR JAKARTA SOLID KE-4

Share :        
Kamis, 28 Jul 2022

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melanjutkan upaya menyebarkan kebaikan dan kebermanfaatan dunia digital bagi masyarakat DKI Jakarta. Pada Kamis (28/07/2022), telah terlaksana webinar Jakarta SOLID (Sadar Olah Literasi Digital) yang keempat sepanjang tahun 2022 ini.

Mengangkat tema “Kenali Ruang Lingkup Profesi di Bidang Digital Marketing,” gelaran webinar Jakarta SOLID kali ini memperkenalkan kepada publik tentang perkembangan profesi yang terjadi di tengah era disrupsi digital.

Merujuk pada laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2022, tingkat penetrasi internet di Indonesia kini sudah mencapai 77,02 persen. Angka tersebut begitu potensial dan produktif jika dikonversikan sebagai kekuatan ekonomi digital.

“Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan pemasaran menggunakan internet untuk mendorong kemajuan industri tanah air menjadi sebuah keharusan demi menjangkau pasar yang lebih luas,” Ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania dalam sambutannya. 

Beberapa hal yang menjadi sorotan adalah bagaimana berbagai profesi baru yang mulanya asing, kini menjadi lumrah di dengar. Seperti Social Media Specialist, Content Writer, hingga Search Engine Optimization (SEO) Specialist yang kini marak ditemukan di beberapa perusahaan teknologi digital dengan penyerapan angka tenaga kerja yang tinggi.

Berbagai fenomena kemajuan tersebut menggugah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengundang narasumber selaku praktisi dan juga ahli pada bidang pemasaran digital, antara lain Adhimas Faisal, selaku Head Digital Marketing Infradigital dan Nelson Simbolon selaku Marketing Manager dari Ekrut.

Webinar yang dihadiri oleh 345 peserta ini berjalan begitu interaktif. Mengembangkan skill dalam bidang pemasaran digital kini seolah menjadi hal wajib yang diketahui generasi muda.

Digital marketing ini dilihat dari profesinya memang masif dan sangat dibutuhkan ya baik dari sisi kebutuhan maupun dari sisi kuantitasnya di setiap perusahaan setiap tahun semakin tinggi, termasuk juga penetrasi digital produk juga semakin meningkat” tutur Narasumber Adhimas Faisal.

Seluruh aktivitas kita kini tidak bisa terlepas dari layanan digital. Kita mungkin adalah pengguna dari layanan digital mulai dari layanan pendidikan, keuangan, hingga upaya filantropi, yang kini sudah dilakukan secara mudah dan terdigitalisasi dengan baik.

Pesatnya pertumbuhan digital memicu kita untuk lebih adaptif dan juga mengenal lebih dalam berbagai proses di dalamnya. Sehingga, pemilihan materi kali ini menjadi begitu relevan. Para peserta webinar yang didominasi oleh kalangan mahasiswa pun mendapatkan insight menarik yang diberikan oleh narasumber.

“Berdasarkan data World Economic Forum 2020, Digital Marketing menjadi salah satu profesi yang paling dibutuhkan di sebuah perusahaan, yakni berada di urutan keempat” ungkap Narasumber ke-2 Nelson Simbolon.

Tidak lupa, acara ini bisa terselenggara dengan baik berkat dukungan dari JakWiFi selaku penyelenggara layanan WiFi gratis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sudah tersebar di 9.250 titik lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Mahasiswa dan siswa menjadi target dalam kegiatan Webinar Jakarta SOLID kali ini. Hal ini dalam rangka memperkenalkan profesi Digital Marketing dan substansi proyeksi jenjang karirnya.

Artikel


Berita