PROFIL PENGGUNA MEDIA SOSIAL INDONESIA

Share :        
Selasa, 04 Okt 2022

Media sosial kini semakin erat dalam kehidupan kita, mulai dari berinteraksi, berniaga, hingga mencari hiburan semua bisa dilakukan dan ditemukan di media sosial.

Indonesia sebagai negara yang paling dikenal dengan segelintir kelakuan dari Netizen-nya hingga mengglobal tentu akan menempati berbagai posisi jika diadakan berbagai survei.

Kira-kira apa saja posisi yang ditempati oleh Indonesia dalam survei digital seputar kelakuan bermedia sosial?

Mari kita lihat dalam laporan dari Kepios pada Juli 2022 yang memperlihatkan profil pengguna media sosial nasional berikut ini:

 

 

·       - Sepuluh Besar Negara Pengguna Media Sosial Terlama

Pada laporan terbaru di Juli 2022, Indonesia menempati negara kesepuluh dengan durasi terlama tiap harinya dengan waktu yang dihabiskan sebanyak 3 jam 16 menit. Posisi pertama diraih oleh Filipina dengan waktu 3 jam 52 menit. Sementara itu rata-rata waktu menggunakan media sosial secara global adalah 2 jam 29 menit.

·      -  Negara dengan Persentase Pengguna Media Sosial Terbesar

Dari keseharian menggunakan internet, Indonesia menempati posisi pertama negara dengan mayoritas waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial. Sebanyak 41.9 persen dari waktu sehari-hari yang digunakan untuk berinternet digunakan untuk berselancar di media sosial. Sementara itu rata-rata global adalah 36.4 persen.

·       - Menggunakan Lebih dari Tujuh Jenis Media Sosial

Banyaknya pilihan media sosial memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk menggunakan berbagai media sosial sesuai preferensi. Rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan 8.2 jenis media sosial. Variasi penggunaan jenis media sosial terbanyak diraih India dengan 9.1 jenis, sedangkan rata-rata global adalah 7.4 jenis media sosial.

·       - Melihat Keseharian Influencer

Kategori ini menampilkan preferensi netizen dalam menggunakan media sosial yaitu untuk melihat para artis atau influencer dan mengikuti keseharian mereka. Posisi teratas diduduki Filipina dengan 46.3 persen penggunanya mengikuti influencer. Indonesia menempati posisi ke-7 dengan 32.4 persen. Sementara itu rata-rata global adalah 22.3 persen.

·      -  Memanfaatkan Media Sosial untuk Menunjang Pekerjaan

Media sosial tidak hanya sebagai hiburan, namun juga berguna sebagai alat komunikasi tambahan penunjang produktivitas pekerjaan. Posisi tertinggi dalam kategori ini diraih oleh Kenya dengan 42 persen. Indonesia menempati posisi kesepuluh dengan 28.4 persen, sementara itu rata-rata global adalah 22.5 persen.

·       Mencari Berita di Media Sosial

Kini sudah bukan menjadi hal baru saat media sosial menjadi media alternatif informasi berita. Netizen Yunani menjadi yang tertinggi dalam hal ini dengan 58.6 persennya menggunakan media sosial untuk mencari berita. Tren ini dirasa belum menjadi yang utama bagi netizen Indonesia karena menempati posisi ke delapan belas dengan persentase 43.4 persen. Sementara itu rata-rata global adalah 34.8 persen.

Berbagai data di atas mempertegas peran besar dari media sosial yang semakin berpengaruh dalam hidup kita. Mulai dari tujuan mencari informasi, pekerjaan, hiburan, kita sudah tidak khawatir jika menggunakan media sosial berjam-jam dalam keseharian kita.

Namun, hal yang harus tetap menjadi perhatian bersama bukanlah seberapa lama kita menggunakan media sosial, namun apakah kita sudah aman selama bermain media sosial?

Bahkan akan lebih bermanfaat jika media sosial bisa digunakan untuk menunjang produktivitas kita.

 

Mari bersama kita gunakan internet dan media sosial dengan bijak. Tentu ini semua untuk kebaikan bersama dan kemajuan ekosistem digital nasional!

 

Penulis: Julian Savero Putra Soediro
Penyunting: Metha Silvia Ningrum dan Harry Sanjaya

Artikel


Berita